Buka Seleksi KRI 2024 Wilayah I dan II, Rektor UMS: Junjung Tinggi Sportivitas

SUKOHARJO,iNewsSragen.id – Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., meminta agar seleksi Kontes Robot Indonesia (KRI) wilayah I dan II yang berpusat di Edutorium Ahmad Dahlan UMS berjalan dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Jika kejujuran tidak hanya ‘menang’, dalam kejujuran itu juga ada sportivitas. Jadi dalam perlombaan tidak hanya ada menang-kalah,’ kata Rektor sebagai perwakilan tuan rumah saat membuka penyelenggaraan seleksi KRI, Senin (27/5/2024).

Ia menegaskan, dalam ajang yang digelar secara daring ini semua harus menjunjung tinggi sportivitas karena perlombaan bukan hanya sekedar untuk mencari menang dan ada yang kalah, tapi ia melihat ada spektrum yang jauh lebih besar dari hanya sekedar menang.

“Ketika ada salah satu kelompok diskusi yang mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya 35 tahun untuk bisa unggul dan maju di bidang teknologi dan industri seperti Cina, saya merasa tidak yakin (membantah-Red),” tegas Anif.

Ia optimis, tidak butuh waktu 35 tahun setelah melihat berbagai kemajuan komitmen para mahasiswa, para pemuda yang punya kemauan keras untuk belajar bahkan mengimplementasikan ilmunya sekaligus mengekspresikan di dalam pengembangan berbagai bidang, salah satunya adalah bidang robot.

“Saya teringat ketika pandemi Covid-19, mahasiswa dari Fakultas Teknik sudah berhasil membuat robot pandemi covid, karena saat covid ketika ada pasien positif, para dokter tidak berani mendekat, dan yang berani mendekat hanya robot itu,” ungkap Rektor.

Ketua Pelaksana KRI 2024 Ir. Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D., menyampaikan pada ajang seleksi wilayah I dan II yang terpusat di UMS kali ini, ada sebanyak 317 tim berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

“Tahapan seleksi wilayah ini adalah tahapan yang ke-3 dari 4 keseluruhan 4 tahapan, yang Insya Allah akan mencapai puncaknya tahapan nasional, dan akan berlangsung pada 1-5 Juli 2024 di UMS,” paparnya.

Ia menjelaskan, 317 tim yang mengikuti seleksi kali ini terdistribusi dalam 7 divisi KRI yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Humanoid; KRSBI Beroda; serta Kontes Robot Bawah Air (KRBAI).

“Untuk KRBAI sudah memasuki penyelenggaraan tahun ke-2 dalam sejarah KRI yang sudah berlangsung secara konsisten sejak 2003. Untuk menyelenggarakan KRBAI, UMS sebagai tuan rumah bekerjasama dengan Ponpes Assalaam yang menyediakan kolam renangnya sebagai venue untuk robot bawah air,” pungkasnya.

Perlu diketahui, ajang KRI sendiri berada dalam naungan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), di mana yang menjadi inti penilaian adalah menggabungkan skill, kreativitas, inovasi, kerjasama tim, ketekunan, kesabaran atau resiliensi, serta tekad yang kuat.

Sumber: https://sragen.inews.id/read/448383/buka-seleksi-kri-2024-wilayah-i-dan-ii-rektor-ums-junjung-tinggi-sportivitas