Tim PPK Ormawa Adam Malik UMS Ramaikan Grebeg Penjalin dengan Kampanye Green Influencer

ums.ac.id, PABELAN – Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Adam Malik Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) yang berkolaborasi dengan IMM Averroes Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) turut meramaikan kegiatan Grebeg Penjalin di Desa Trangsan, Sukoharjo. Kegiatan ini dilakukan pada Kamis, (27/6), dengan mengusung tema “Green Influencer”.

Tim PPK Ormawa melakukan beberapa kegiatan untuk mempromosikan pentingnya menjaga lingkungan dan memilah sampah untuk dapat dimanfaatkan kembali. Salah satunya adalah pengolahan bahan bekas seperti kardus, botol, payung, dan sedotan yang kemudian diolah menjadi pakaian yang ditampilkan dalam Kirab Budaya bersama masyarakat Desa Trangsan.

Ketua Pelaksana Tim PPK Ormawa, Umda Garit Artiar, menyampaikan bahwa tim PPK Ormawa juga melakukan edukasi secara langsung kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memilah sampah.

“Kegiatan ini sebagai upaya Kampanye green influencer Tim PPK Ormawa IMM Adam Malik dan sebagai aksi nyata memberikan contoh langsung pada masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan melalui penggunaan kembali sampah menjadi pakaian budaya,” ujar Umda Senin, (7/1).

Kampanye ini kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih bersama area Grebeg Penjalin bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Karang Taruna selaku kelompok sasaran dari program PPK Ormawa.

Kasih Agung, perwakilan Pemerintah Desa Trangsan sekaligus mitra PPK Ormawa, mengapresiasi keterlibatan aktif mahasiswa UMS dalam memeriahkan Grebeg Penjalin.

“Mereka ikut memeriahkan kirab budaya dengan inovasi yang memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan. Tak hanya itu, setelah selesai acara, mereka juga sangat membantu dan inspiratif terkait dengan tindakan nyata terjun langsung membersihkan lingkungan balai desa dari sampah-sisa pelaksanaan kirab. Terima kasih atas bantuannya,” lanjutnya.

Perwakilan pemerintah desa itu berharap, melalui kampanye Green Influencer Tim PPK Ormawa bersama pemerintah Desa Trangsan selaku mitra dapat meningkatkan pengelolaan sampah di Desa Trangsan. Kegiatan Grebeg Penjalin ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memilah sampah.

Tim PPK Ormawa Adam Malik dari UMS menunjukkan komitmennya dalam edukasi dan aksi nyata untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. (Fika/Rezza/Humas)