Pembekalan Peserta KKNMAs Mahasiswa Desa Ngombakan

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, 31 Juli 2024 – Dalam rangka kegiatan KKNMAs yang diselenggarakan di Auditorium KH. Ahmad Dahlan. Kelompok KKNMAs yang berjumlah 9 orang dengan nama kelompok 76 bersama Mahasiswa PTMA lainnya telah mengikuti serangkaian Pembekalan KKNMAs yg berisi tentang informasi daerah Sukoharjo dan Karanganyar.

Acara yang berlangsung diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan menghadirkan beberapa narasumber yang bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi mahasiswa KKNMAs berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan ketika terjun di lokasi KKN.

Acara pembekalan dimulai pada pagi hari pukul 08.00 WIB dan diawali dengan sambutan dari beberapa petinggi Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Perwakilan dari Pemerintah setempat yang menegaskan bahwa KKN sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga penting untuk dilakukan karena merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat.

KKNMAS adalah kegiatan KKN Aisyiyah dengan 46 PTM se-Indonesia. Sebagaimana yang dikutip dalam news.uad Dr. Muhammad Hamdi, S.E., M.B.A selaku Kepala Bidang KKN dan PKM menyampaikan dalam sambutannya bahwa “UAD merupakan salah satu kontributor terbesar untuk KKN Muhammadiyah-Aisyiyah (MAs)”.

KKN MAs Tahun 2024 yaitu menangkat tema ‘UMKM Unggul, Stunting Menurun’, dengan pembekalan dan latar pendidikan yang cukup, Tim KKN MAs Desa Ngombakan siap untuk terjun di lokasi, dengan harapan besar dapat memberikan kontribusi positif bagi warga di lokasi KKN.

Adapun materi pembekalan yang dipaparkan, yaitu etika dan interaksi kepada masyarakat, pengelolaan program kerja, tips praktis dalam menghadapi tantangan di lapangan, dan tata cara pembuatan berita acara ketika KKN.

Kelompok KKN-MAS Desa Ngombakan siap untuk terjun di lokasi, dengan harapan besar dapat memberikan kontribusi positif dan memberikan manfaat bagi warga di lokasi KKN. Struktur Tim KKN MAs Desa Ngombakan juga telah dibentuk, dengan hasil yaitu: Dani (UM Surakarta) sebagai Ketua Kelompok. (Tim KKN Mas kelompok 76 Desa Ngombakan, Kabupaten Sukoharjo)