KKN MAs 2024, Tim KKN MAs Desa Wonorejo Siap untuk Pengabdian Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA , 31 Juli 2024. Tim KKN MAs Aisyiyah posko 88 Desa wonorejo telah dibentuk dan sudah diterbitkan SK .

Tim KKN terdiri dari 9 orang dengan anggota yang berasal dari Perguruan tinggi berbeda di Indonesia dan siap untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. Tim KKN posko 88 akan diterjunkan di provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Karanganyar , Kecamatan Jatiyoso di Desa Wonorejo.

Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari Perguruan Tinggi Muhammdiyah Aisyiyah seluruh Indonesia secara bersama – sama.

Mengutip dari news.ums.ac.id, tuan rumah / panitia pusat KKN MAs tahun 2024 adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal ini disampaikan oleh Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D., saat sambutan kegiatan Seminar Nasional The 19th URECOL.

KKN MAs Aisyiyah tahun 2024 akan disebar ke dua wilayah Kabupaten , yaitu bertempat di Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar . KKN MAs tahun 2024 ini mengangkat tema “UMKM Unggul, Stunting Menurun”.

Sebelumnya, panitia lokal dari UMS telah bernegosiasi dengan pemerintah lokal kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, ” masyarakat dengan senang hati menerima mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat di Desanya. Dengan harapan dapat membantu permasalahan yang ada pada desa serta mempromosikan desa tersebut ” tutur Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D.

Mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan KKN MAs ini sebelumnya sudah mengikuti pembekalan secara online yaitu pada 11 – 12 Juli 2024 dan pada 31 Juli 2024 telah dilangsungkan pembekalan secara offline di Editorium Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang ada di desa Sukoharjo dan Karanganyar serta merancang solusi dari permasalahan tersebut yang nantinya akan menjadi program kerja Tim KKn di Desa yang menjadi titik pengabdian.

Didampingi oleh DPL yaitu ibu Tiara Fatmarizka S.FIS ,M.SC. , Kelompok KKN MAs posko 88 Wonorejo siap untuk melakukan penerjunan ke Desa. Struktur tim KKN MAs Desa Wonorejo pun telah siap dibentuk.

Diketuai oleh Nurcholis ( UM palu) , Yanti Herawati sebagi Sekretaris ( UM Tasikmalaya) , Novana Dhea sebagai Bendahara ( Institut Teknologi Jakarta) , Violi Maulidya ( UM Surakarta) , Riska Oktavia ( UM Gombong) , Talitha ( UM Surakarta) sebagai Tim Humas dan Tri Jumi ( UM Muara Bungo) , Vinni Arpina ( UM Bandung) , Solichul Rizky ( Universitas Ahmad Dahlan) sebagai Tim dokumentasi.
Ketua Posko ( Nurcholis) dari Universitas Muhammdiyah Palu pun berpendapat bahwa ” Tema KKN MAs tahun 2024 sangat menarik yaitu berfokus pada penurunan stunting, yang dimana permasalahan ini akan menjadi tentangan tersendiri bagi tim untuk mencari solusi serta cara untuk mengurangi angka stunting yang nantinya akan di rancang dalam susunan program kerja tim posko 88 Desa Wonorejo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar”.

Dengan pembekalan dan ilmu latar belakang yang cukup, Tim KKN MAs posko 88 sudah siap untuk diterjunkan ke lokasi, besar harapan kedatangan tim KKN di Desa Wonorejo dapat membawa dampak dan perubahan positif bagi masyarakat lokal terkhusus untuk mengurangi angka stunting di Desa Wonorejo. (TIM KKN MAs Desa Wonorejo)