Pembekalan Offline KKN MAS: Persiapan Mahasiswa untuk Pengabdian Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, 31 Juli 2024 – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara pembekalan offline bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMas). Acara ini diadakan di Gedung Edutorium UMS dan dihadiri oleh ribuan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang siap mengabdikan diri kepada masyarakat.

KKNMas adalah program pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Program ini merupakan kolaborasi dari berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah di seluruh Indonesia, di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah.

Seluruh mahasiswa PTMA yang telah resmi terdaftar sebagai peserta KKNMas 2024 mengikuti pembekalan secara offline hari ini. Materi pembekalan disampaikan oleh Ketua Panitia Pusat, Prof. Suwarno, M.Si., Dr. Aris Slamet Widodo, Tim Humas UMS, serta perwakilan dari Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, yang memberikan gambaran mengenai potensi di masing-masing wilayah tersebut.

Setelah mengikuti pembekalan ini, mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat desa di lokasi KKN mereka. Struktur kepengurusan KKNMas di Desa Gedongan telah dibentuk dengan susunan sebagai berikut:
– Ketua: Agung Prastiko (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
– Sekretaris: Rita Rahayu (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
– Bendahara: Azkia Noorrahmah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
– Humas: Wardatul Jannah (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Ghina Putri A (Universitas Muhammadiyah Bandung)
– Publikasi/Media: Rara Oktaviani (Universitas Muhammadiyah Jambi), Ajeng Soumiatun Nafiah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
– Perlengkapan: Hagia Sophia (STF Muhammadiyah Cirebon), Zulqi Animo Wiluhung (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Dengan misi tema KKNMas 2024, yaitu “UMKM Unggul, Stunting Menurun,” Tim KKNMas Desa Gedongan yang terdiri dari 9 orang siap berkontribusi aktif dan memberikan dampak positif kepada warga Desa Gedongan.

(Tim KKNMas Desa Gedongan/Ajeng & Rara)