Mensyi’arkan: Koordinator Tim 24 KKN MAs Menjadi Khotib Khutbah Jum’at di Masjid Darussalam Desa Ngrombo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, 9 Agustus 2024-Koordinator kelompok 24 mendapatkan amanah menjadi Khotib Khutbah Jum’at di Masjid Darussalam Desa Ngrombo. Berkontribusi dengan mengisi khutbah jum’at merupakan salah satu bagian dari program kerja pengabdian kepada masyarakat di bidang Keagamaan. Hal ini bertujuan untuk mensyi’arkan nilai-nilai keislamanan sehingga masyarakat dapat memperkuat keimanan melalui mimbar dakwah.

Dalam khutbah jum’at, khotib mengangkat tema “Merdeka dengan Taat kepada Allah”. Manusia yang Merdeka adalah mereka yang terbebas dari hawa nafsu duniawi. Orang-orang yang terjajah adalah mereka yang senantiasa tidak mampu untuk mengontrol nafsunya. Mereka yang tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya akan menjadi budak dari nafsu tersebut. Seperti para koruptor mereka adalah manusia yang terjajah, tidak bebas, tidak Merdeka, Mereka adalah budak dari keserakahan dan ketamakan.

Perang melawan musuh memang tugas yang berat, tetapi perang melawan nafsu adalah tugas yang lebih berat karena melawan diri sendiri. Maka ketaatan kepada Allah adalah satu cara agar menjadi manusia yang bebas dengan mematuhi atauran-aturan yang sudah ditetapkan oleh Allah. Karena sejatinya aturan yang Allah berikan bagi manusia bukan untuk membebani kehidupan, tapi justru untuk membebaskan kita dari segala bentuk penjajahan nafsu dan syetan.

Tema yang disampaikan dalam Khutbah jum’at ini sangat menarik dan mampu menambah wawasan kepada masyarakat terkait melawan musuh yang paling besar bagi manusia itu sendiri. Dalam kontribusi ini mahasiswa memberikan pengabdian kepada masyarakat yang tidak hanya mampu untuk membantu menyelesaikan permasalahan sosial, tapi juga mampu untuk berkontribusi dalam penguatan nilai-nilai keagamaan dan keislaman melalui mimbar khutbah jum’at.

(Kelompok 24 KKN MAs Desa Ngrombo Kecamatan Baki)