Merdeka! Tim KKNMAs 91 Jatiyoso menjadi jajaran panitia acara Tirakatan di dusun Plamar RT 01 RW 15 Jatiyoso

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Malam tirakatan 17 Agustus adalah tradisi masyarakat yang sangat penting dalam menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI. Acara ini biasanya diselenggarakan pada malam hari sebelum tanggal 17 Agustus, atau tanggal 16 Agustus malam. Malam tirakatan yang digelar di dusun Plamar RT 01/RW 15 diisi dengan berbagai kegiatan seperti hiburan, penyerahan hadiah lomba atau penghargaan, dan makan-makan bersama serta menonton film sejarah kemerdekaan.

Malam tirakatan dimulai dengan pembukaan, pembacaan doa pembuka, dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan Teks Proklamasi, dan pembacaan Teks Pancasila. Sambutan dari ketua RT juga menjadi bagian penting dalam acara ini. Acara inti Potong tumpeng dan menonton Film sejarah kemerdekaan digelar untuk meningkatkan semangat dan kebersamaan warga.

Malam tirakatan ini bukan hanya sebagai perayaan, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat semangat dan kebersamaan warga dalam menyambut peringatan kemerdekaan.