Tim KKNMAs Desa Sanggung Gelar Cek Kesehatan Gratis, Fokus pada Deteksi Dini PTM

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sanggung, 18 Agustus 2024 – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, terutama terkait deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), Tim KKNMAs Desa Sanggung bekerja sama dengan Polindes Desa Sanggung mengadakan cek kesehatan gratis. Kegiatan ini berlangsung di RT 01 RW 03 Desa Sanggung, bertepatan dengan event “Jalan Sehat” yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Krida Remaja Sanggung untuk memperingati HUT RI ke-79.

Kegiatan ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Desa Sanggung. Mulai dari remaja hingga lansia, masyarakat Desa Sanggung memanfaatkan kesempatan ini untuk memeriksakan kesehatan mereka. Layanan cek kesehatan yang dilakukan meliputi cek gula darah, tekanan darah, asam urat, Indeks Massa Tubuh (IMT), Lingkar Lengan Atas (LiLA) untuk remaja putri, serta lingkar perut.

Penanggung jawab Program Kerja Cek Kesehatan Gratis, Moh. Ramadhan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu membantu masyarakat dalam mendeteksi dini PTM. “Semoga masyarakat Desa Sanggung lebih peduli akan kesehatan mereka, terutama dalam mencegah penyakit-penyakit yang bisa dihindari apabila terdeteksi sejak dini,” ujarnya.

Cek Kesehatan Gratis ini menjadi salah satu program kerja tim KKNMAs Desa Sanggung yang bertujuan untuk membantu masyarakat Desa Sanggung menyadari pentingnya kesehatan serta membantu meminimalisir risiko PTM di kemudian hari.

Kolaborasi antara Tim KKNMAs dan Polindes Desa Sanggung dalam kegiatan ini merupakan upaya dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa yang akan datang, dan menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama bagi seluruh masyarakat. (Amelia)