KKN MAs Tim 79 Hadiri Acara Tirakatan dan Lomba Bola Volly Antar RT Dusun Ngawen, Desa Jatimulyo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, Jumat 16 Agustus 2024 – Tim 79 KKN MAs membantu persiapan dan menghadiri acara tirakatan, serta memeriahkan lomba bola volly antar RT di Dusun Ngawen, Desa Jatimulyo.

Tim 79 memeriahkan pembukaan lomba 17 Agustus dengan mengikuti lomba bola volly RT 01-03 yang diikuti oleh remaja karangtaruna dan bapak-bapak serta ibu-ibu dusun Ngawen, desa Jatimulyo. Lomba ini dilakukan di lapangan bola volly dengan permainan 3 set. Pertandingan antar RT ini dimenangkan oleh RT 02.

Selanjutanya pada malam hari, tim 79 KKN MAs menghadiri acara tirakatan di Dusun Ngawen. Acara tirakatan merupakan tradisi Jawa yang biasa dilakukan pada tanggal 16 Agustus malam atau satu hari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan. Kegiatan tersebut dilakukan di sekitar pos kamling Dusun Ngawen pada pukul 20.00 WIB – selesai. Acara ini dihadiri oleh seluruh masyarakat dusun Ngawen, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Kegiatan acara tirakatan terdiri dari sambutan yang disampaikan oleh bapak RW dusun Ngawen, dengan membacakan pidato Bupati Karanganyar, serta memanjatkan do’a yang dipimpin oleh tokoh masyarakat dusun Ngawen. Selanjutnya sesi potong tumpeng oleh bapak RW yang diserahkan pada ketua karangtaruna dusun Ngawen, yang diikuti dengan acara ramah tamah.

Dengan hadirnya tim 79 KKN MAs di acara lomba bola volly dan tirakatan ini dapat mempererat hubungan tim 79 dengan masyarakat dusun Ngawen, desa Jatimulyo.

(TIM KKN MAs Kelompok 79 Desa Jatimulyo)