You are currently viewing Gelar Workshop Teknologi Geospasial, Fakultas Geografi Targetkan Pembelajaran Geografi Berbasis Teknologi

Gelar Workshop Teknologi Geospasial, Fakultas Geografi Targetkan Pembelajaran Geografi Berbasis Teknologi

  • Post author:
  • Post category:Berita

Sebanyak 125 Guru Geografi dari berbagai Sekolah se-Surakarta dan sekitarnya mengikuti Workshop Teknologi Geospasial dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang digelar Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), di Gedung Auditorium Mohamad Djazman UMS.

Pada workshop tersebut Fakultas Geografi UMS ingin mengajak guru-guru Geografi yang ada di Surakarta dan sekitarnya mampu memanfaatkan teknologi Geospasial. Penggunaan teknologi Geospasial nantinya dapat mempermudah guru dalam mengajar geografi kepada peserta didik.

“Yang kita berikan adalah kita bekali bagaimana dia mengajar geografi itu menggunakan teknologi Geospasial, jadi ada pengindraan jauh, ada foto udara, ada citra satelit, ada peta. Agar mereka familiar dengan teknologi sehingga ketika dia mengajar akan mendapat kemudahan,” ungkap Wakil Dekan I bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Geografi UMS, Drs. Priyono M.Si.

Target yang ingin dicapai, melalui acara ini, menurut Drs. Priyono, para guru memiliki percaya diri dan bangga dalam mengajar geografi. Percaya diri yang dimaksudkan adalah mengajar geografi dengan disertai teknologi, tentu dapat menambah semangat yang tinggi. “Harapan kita kalau mereka (guru) punya semangat yang tinggi untuk menyampaikan ilmu nanti, produknya juga akan semakin baik. Daya tarik murid terhadap geografi juga semakin bagus,” jelasnya.

Selain materi seputar teknologi Geospasial, peserta berkesempatan menyaksikan secara langsung penggunaan drone. Setelah selesai workshop teknologi Geospasial, peserta mendapatkan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dan strategi menulis di media masa (koran).

“Untuk kenaikan pangkat ada penelitian tindakan kelas sehingga peserta kami bekali cara menulis karya ilmiah. Selain itu ditambah strategi menulis di media masa,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Guru Geografi SMA Islam Al-Azhar Solo Baru, Gading Fitra Sanjaya, mengapresiasi workshop yang diadakan Fakultas Geografi UMS. Acara ini tidak hanya diberikan teori namun juga praktek langsung.

Sementara itu, pemateri workshop ialah dosen-dosen Fakultas Geografi UMS diantaranya Agus Anggoro Sigit, S.Si, M.Sc, Dra. Alif Noor Anna, M.Si dan Choirul Amin, S.Si, M.M. Selain ke dua acara tersebut terdapat juga pameran alat-alat penunjang pembelajaran yang ada di Fakultas Geografi UMS. (Eko/Ahmad)