Dakwah Keislaman! KKN MAs Kelompok 105 Lakukan Outdoor Learning bersama TPQ Umar bin Khattab Podang Kulon

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 29 Agustus 2024 – Outdoor learning adalah merupakan aktivitas pembelajaran yang didesain sedemikian rupa agar anak-anak dapat mempelajari langsung materi pelajaran pada obyek yang sebenarnya, sehingga pembelajaran semakin nyata dan bermakna. Dalam kegiatan outdoor learning ini, siswa akan diarahkan untuk mengambil ibrah/pelajaran langsung melalui alam dan lingkungan sekitar yang diharapkan akan merangsang mereka untuk aktif menggali pengalaman belajarnya sendiri, sehingga mereka belajar bukan hanya sekedar teori dan juga gambaran abstrak, tapi mereka mengalami dan berinteraksi langsung dengan apa yang mereka pelajari, serta kegiatan pembelajaran pun menjadi lebih menyenangkan.

Kali ini Mahasiswa KKN-MAs Kelompok 105 melakukan outdoor learning bersama adik-adik santri TPQ Umar bin Khattab Podang Kulon. Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari, setelah shalat ashar hingga selesai, bertempat pada kediaman Ibu Umi selaku Ibu RW Podang Kulon dengan mengusung tema “Ar-Rahman Bukti Kasih Sayang Allah kepada Hambanya”. Dalam kegiatan ini salah satu rekan kami, Shofiy, membawa materi dengan tema Ar-Rahman yang artinya Maha Pengasih, “Bukti Allah bersifat Ar-Rahman adalah Ia memberikan udara, sinar matahari, hujan bagi segala mahkluk. Ia menyediakannya bagi semua manusia tanpa terkecuali. Entah manusia menyembahnya atau tidak, tetap kebaikan Allah ini tersedia bagi manusia” ujarnya. Selain itu juga pemberian hadist tambahan, hadist Kasih Sayang yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari bahwasannya ‘Siapa yang tidak menyayangi tidak akan disayangi’. Kegiatan dilanjutkan dengan bermain motorik halus, yaitu menempel potongan kertas pada lafadz Ar-Rahman yang telah disediakan. Pembelajaran berlangsung dengan baik, terlihat dari antusias anak-anak dalam menerima materi yang diberikan dan fokus dalam belajar motorik halus.

Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama Ibu Umi selaku Ibu RW Podang Kulon. Kami berharap, dengan adanya kegiatan outdoor learning ini, selain untuk menambah pengalaman belajar bagi anak-anak, pun juga sebagai refreshing pembelajaran yang tidak hanya dalam ruangan saja. Selain itu, berlangsungnya kegiatan pembelajaran diluar kelas ini juga menjadi media Dakwah Keislaman bagi masyarakat terkhususnya Dusun Podang Kulon tentunya.

(Kelompok 105 – Desa Genengan/Shofiyatul Qulub)