Dakwah Keislaman! Mahasiswa KKN MAs Kelompok 105 Ikut Serta dalam Pengajian dan Pertemuan Rutin ‘Aisyiyah Cab. Jumantono

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 30 Agustus 2024 – ‘Aisyiyah merupakan organisasi perempuan dibawah naungan Muhammadiyah. Organisasi ini lahir salah satunya karena KH. Ahmad Dahlan selalu mendorong perempuan untuk berperan dan berkiprah tidak hanya di wilayah domestik (rumah dan keluarga) tapi juga di masyarakat. Sebagai organisasi perempuan yang otonom, ‘Aisyiyah berkontribusi pada pemberdayaan perempuan dengan memperkuat partisipasi perempuan di seluruh aspek sosial dan ekonomi. Ada beberapa kegiatan yang dapat kita temukan dalam perkumpulan perempuan ‘Aisyiyah ini, salah satunya adalah pengajian rutin. Komitmen dalam pengajian ini adalah untuk memperkuat akidah dan menghidupkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Kali ini, mahasiswa KKN-MAs Kelompok 105 diundang untuk turut hadir pada pengajian dan pertemuan rutin ‘Aisyiyah Cab. Jumantono yang bertempat di KB Aisyiyah. Pengajian ini dimulai pada bada shalat Jumat tepatnya pukul 13:20, yang dihadiri oleh seluruh ibu-ibu keanggotaan ‘Aisyiyah Cab. Jumantono. Pengajian ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjut dengan menyanyikan Mars ‘Aisyiyah, kemudian dilanjutkan kembali dengan Tahsin surah ‘Ali Imran sebagai pembuka materi keperempuanan hari ini, yakni peran istri dalam keluarga dan dakwah islami.

Dalam pengajian kali ini, mahasiswa KKN-MAs Kelompok 105 turut andil dalam menebar kebaikan. Dua rekan kami, Misa dan Gufron turut berbagi cerita, kesan dan pesan, serta nasehat dalam pengajian tersebut yang tentunya menambah kehangatan ukhuwah bersama ibu-ibu ‘Aisyiyah. Kami melihat pengajian ini bukan hanya sekadar peluang untuk memperdalam ilmu agama, tetapi juga sebagai sarana untuk saling bersilaturahmi, berbagi pengalaman, serta membangun kebersamaan. Pengajian ini menjadi simbol kebersamaan dan semangat keagamaan bagi ibu-ibu ‘Aisyiyah khususnya Cab. Jumantono. Diharapkan, kegiatan ini akan terus berlanjut dan semakin menginspirasi banyak orang untuk mendalami agama serta mempererat tali ukhuwah satu sama lain.

(Kelompok 105 – Desa Genengan/Shofiyatul Qulub)