You are currently viewing Adakan LibFGD, Perpustakaan UMS dan HKU Libraries Hong Kong Membahas Transformasi Perpustakaan

Adakan LibFGD, Perpustakaan UMS dan HKU Libraries Hong Kong Membahas Transformasi Perpustakaan

  • Post author:
  • Post category:Berita

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta menginiasi Librarian Forum Group Discussion (LibFGD) bersama Hong Kong University Libraries pada Selasa (7/6) secara Daring

Kegiatan yang diselenggarakan secara Online melalui Zoom ini diikuti oleh seluruh Pustakawan dan Staff Perpustakaan UMS dan beberapa perwakilan dari the University of Hong Kong Libraries.

LibFGD yang rutin dilakukan oleh perpustakaan UMS dengan Lembaga dari dalam ataupun luar negeri ini merupakan upaya Perpustakaan UMS dalam melihat inovasi dan peluang kolaborasi dalam pengembangan perpustakaan menghadapi era teknologi informasi saat ini.

Maria Husnun Nisa, S.Sos., MA selaku Kabag Perancangan & Pengembangan Sistem menyampaikan dalam sambutannya terkait dengan kebutuhan transformasi dan pengembangan perpustakaan di era digital serta harapannya dapat saling belajar dalam pengembangan system perpustakaan melalui forum ini.

“Kami harap dalam forum Librarian Forum Group Discussion dapat saling belajar dala pengembangan perpustakaan,” kata Maria Husnun.

Forum Librarian ini diisi dengan pemateri utama Ms. Flora Ng selaku the University of Hong Kong’s Chief Information Officer (CIO) yang sebelumnya juga pernah menjadi Group CIO dari Dairy Farm Company Ltd, yang menjadi multi-banner FMCG terbesar di Asia yang berhasil membawa perusahaannya ke organization-wide digital transformation.

Ms. Flora Ng menyampaikan bahwa digital is a must dan digital sangat memberikan manfaat bagi pemustaka dan stakeholders. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh HKU (the University og Hong Kong) dalam melakukan transformasi perpustakan, yaitu 1) Digital & Mobile First, 2) Automation in Lending Service Operations, 3) Digital Scholarship, 4) Data Driven Decision Marking  – Library Resources, dan 5) Scholarly Communication.

Selain itu, beberapa perwakilan dari HKU Libraries Dr. K.M.Ku juga menjelaskan lebih detail berkaitan dengan Digital Scholarship di perpustakaan HKU. Pustakawan UMS juga memberikan tanggapan terkait dengan pengembangan perpustakaan dan menanyakan beberapa hal diantaranya upaya perpustakaan dalam memfasilitasi pemustaka sehingga mereka dapat secara optimal memanfaatkan layanan yang ada.

Diantara strategi yang dilakukan adalah dengan menyediakan fasilitas dan lingkungan belajar yang nyaman. Kegiatan ini ditutup oleh Hardika Dwi Hermawan, MSc.ITE dengan memberikan ucapan happy anniversary bagi HKU Libraries yang sedang merayakan umurnya ke 110 tahun serta harapan untuk dapat berkolaborasi lebih aktif lagi kedepannya. (ADV)