Wujudkan Desa Wisata Tegalmulyo, Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS Berdayakan Keluarga Penyandang Disabilitas

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) HMP Pendidikan Geografi Atlantis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Ketua tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi, Shofiatul Mardliyah menjelaskan, pemberdayaan tersebut lebih difokuskan kepada keluarga penyandang Disabilitas di Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten.

“Tujuan kegiatan pemberdayaan di Desa Tegalmulyo ini adalah sebagai kapasitas pemberdaya ekonomi bersama keluarga disabilitas,” papar Shofiatul Mardliyah sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Kegiatan yang mengusung tema “Desa Wisata Melek Bencana Bersama Penyandang Disabilitas Berdaya di Lereng Merapi, Desa Tegalmulyo” tersebut dilakukan melalui kolaborasi dengan Forum Open Source Teknik Informatika (FOSTI) dari Prodi Informatika.

Dijelaskan Shofiatul Mardliyah,  dalam kegiatan itu  tim pelaksana dan tim pendukung memberikan perhatian secara khusus kepada para penyandang disabilitas untuk terlibat dalam pengelolaan desa wisata Tegalmulyo.

Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memberdayakan para penyandang disabilitas, adalah dengan mengajarkan kepada mereka dalam membuat oleh-oleh produk unggulan Desa Tegalmulyo, yaitu teh mawar.

Teh mawar tersebut merupakan hasil tanaman dari masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan  tersebut, keluarga disabilitas memiliki atusiasme yang tinggi.

“Keluarga para penyandang disabilitas di Tegalmulyo saat ini memang tengah menjadi fokus perhatian pemerintah desa terkait peningkatan kapasitas ekonominya,” urai Shofiatul Mardliyah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 15 perwakilan keluarga disabilitas di Desa Tegalmulyo. Hadir pula Kepala Desa Tegalmulyo, dosen pembimbing Siti Azizah Susilawati, S.Si., M.P dan Wakil Rektor III UMS, Prof Ihwan Susilo, SE, Msi, PhD.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam mengenalkan PPK Ormawa kepada masyarakat. Namun di luar itu, yang lebih penting adalah membantu membuka wawasan kepada masyarakat dalam memberdayakan masyarakat termasuk penyandang disabilitas,” pungkas Shofiatul Mardliyah.

Sebagai informasi, tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis FKIP UMS terdiri dari Shofiathul Mardliyah (Ketua Tim), Maysyaroh Nur Azizzah P, Rohmad Tri Ardani, Deras Rizki Dermawan, Salsabilla Fatih D, Agus Hermansyah, Dewi Rustanti.

Selanjutnya adalah Devi Nurhalimah, Nabila Risma Dhani, Muslihah Juwita Hapsari, Andarifka Daffa Aryabima, Muhammad Dzaki Hanifa, Maulana Al Iqbal Widodo, Zildan Alfatih Agustian dan Alif Rahmat Yudha Putra. [Redaksi]

Sumber : https://joglosemarnews.com/2023/09/wujudkan-desa-wisata-tegalmulyo-tim-ppk-ormawa-hmp-pendidikan-geografi-atlantis-ums-berdayakan-keluarga-penyandang-disabilitas/?singlepage=1