72 Mahasiswa Berbagai Daerah Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa di UMS

SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyambut mahasiswa dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3 (PMM 3) tahun 2023.

Program ini merupakan salah satu program unggulan dari Ditjen Diktiristek yang bertujuan untuk memperkuat pelaksanaan pendidikan jarak jauh, yang menuntut kemandirian, kedisiplinan mahasiswa, dan komitmen yang kuat dari para dosen.

Pada tahun 2023, UMS kembali dipilih sebagai perguruan tinggi penerima mahasiswa PMM 3. Program ini diikuti oleh 72 mahasiswa yang berasal dari 33 universitas di luar pulau Jawa, termasuk dari Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

PMM telah diadakan sebelumnya pada tahun 2021, dengan 18 peserta, dan tahun 2022, dengan 22 peserta. Peningkatan jumlah peserta dikalangan mahasiswa mencerminkan daya tarik UMS sebagai tujuan pendidikan yang diharapkan oleh mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu peserta PMM 3, Janet Marlon Yoseph Marisan, mahasiswi dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, menyatakan rasa senangnya mendapat kesempatan untuk belajar di UMS. Janet menyampaikan harapannya, setelah menyelesaikan program PMM 3, dia dan rekan-rekan peserta lainnya akan mendapatkan pengalaman berharga yang mungkin tidak dapat diperoleh di kampus asal mereka.

Selain itu, mereka berambisi untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang mereka peroleh dalam kehidupan dan selama melanjutkan studi di kampus asal mereka

“Tahun 2022 pernah ikut daftar, namun tidak lolos. Rasanya bangga dan senang sekali karena akhirnya tahun ini saya bisa lolos,” ujar Janet dilansir dari ums.ac.id, Selasa, 12 September 2023.

Rektor UMS mengungkapkan pentingnya kerjasama antarperguruan tinggi dalam mendukung pertukaran mahasiswa dan peningkatan kualitas pendidikan. Ia juga berharap agar para peserta PMM 3 dapat mengambil manfaat maksimal dari pengalaman mereka di UMS.

Acara PMM 3 di UMS ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan tinggi di Indonesia terus bertransformasi dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam dan bermutu tinggi bagi mahasiswa. Program ini akan terus menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri, memperluas wawasan, dan berkontribusi pada pembangunan bangsa di masa depan.

Sumber : https://www.trenasia.com/72-mahasiswa-berbagai-daerah-ikuti-program-pertukaran-mahasiswa-di-ums