7.300 Mahasiswa Baru UMS Wajib Ikuti English Tutorial Program, Yang Pertama di Kalangan PTM

LPIDB (Lembaga Pengembangan Ilmu dan Bahasa) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar grand opening atau pembukaan program ETP (English Tutorial Program) bagi mahasiswa baru yang dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting, Rabu (30/09/2020).

Dr. M. Thoyibi, M.S, Ketua LPIDB UMS mengatakan, ETP ini menjadi pasangan EAP (English for Academic Purpose) yang menjadi mata kuliah wajib di setiap program studi. Dan yang membedakannya adalah pada fokus, yakni ETP lebih memfokuskan pada speaking dan writing sedang EAP berfokus pada listening dan reading, yang diharapkan dengan adanya ETP mahasiswa serta lulusan UMS mampu menguasai bahasa inggris.

Ditambahkan Thoyibi, pembukaan ini merupakan kali ke-6 ETP di UMS. Untuk tahun 2020 ini jumlah mahasiswa baru yang mengikuti grand opening ETP sebanyak 7.300 mahasiswa baru dengan 722 mentor dari mahasiswa setiap program studi. Selanjutnya para mahasiswa baru itu akan dibimbing materi ETP oleh para mentor yang telah dipilih.

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, Rektor UMS mengatakan dalam sambutannya, ETP merupakan kegiatan unggulan yang dimiliki UMS dan satu-satunya yang ada di Perguruan Tinggi Swasta serta Muhammadiyah dan Aisyiah. Ia juga menambahkan bahwa sudah banyak perguruan tinggi yang melakukan studi banding ke LPIDB UMS guna mempelajari strategi peningkatan bahasa bagi mahasiswa.

Sementara Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc, Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah menyambut baik ETP yang dilaksanakan UMS ini. Ia juga menginginkan agar PTM lain mengikuti langkah UMS dalam meningkatkan kualitas bahasa asing mahasiswa. Ia juga mengingatkan pentingnya penguasan bahasa asing khususnya Inggris di kalangan mahasiswa PTM. “Bahasa Inggris itu bukan lagi bahasa asing tapi setiap orang harus tahu, minimal mengerti,” katanya (Atta/Humas)