You are currently viewing UMS Kampus Unggul Berkemajuan Delegasikan Mahasiswa di Olimpiade Nasional MIPA 2024

UMS Kampus Unggul Berkemajuan Delegasikan Mahasiswa di Olimpiade Nasional MIPA 2024

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai kampus yang Unggul turut serta dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) 2024 seleksi tingkat Wilayah yang bertempat di Biro Kemahasiswaan pada Rabu, (24/4) kemarin.

Seleksi tersebut diikuti oleh 19 mahasiswa terbaik UMS yang mengikuti 4 bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Sebelumnya, mahasiswa ini telah lolos dalam tahap seleksi internal dari UMS pada bulan Februari 2024 lalu.

Kabag Penalaran, Kreativitas dan Soft Skill Biro Kemahasiswaan, Muhammad Al Fatih Hendrawan, S.T., M.T., memaparkan bahwa Olimpiade MIPA itu diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu seleksi tingkat universitas, tingkat wilayah Jawa tengah (LLDIKTI 6) dan tahap akhir Nasional.

“Dua tahun terakhir ini ada satu mahasiswa yang lolos yaitu bidang Kimia. Diharapkan tahun ini semakin banyak mahasiswa yang lolos diseleksi dan lolos nasional untuk setiap bidang lomba,” harap Kabag saat ditemui pada Kamis, (25/4).

Salah satu peserta seleksi cabang Biologi yang berasal dari Program Studi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMS, Taqiyyah Nurul ‘Azzah, mengungkapkan ketertarikannya berkontribusi dalam seleksi tersebut.

“Salah satu alasan saya dalam mengikuti seleksi ini karena ingin membawa nama baik UMS ke ajang Olimpiade Nasional MIPA 2024,” ungkap Taqiyyah, mahasiswa angkatan 2022 itu.

Alhamdulillah, lanjutnya, saat mengerjakan tes berjalan dengan lancar dan semoga lolos ke tahap nasional.

“Namun apapun hasilnya harus diterima dengan ikhlas lapang dada,” pungkasnya. (Yusuf/Humas)