You are currently viewing RSGM Soelastri UMS Resmi Beroperasi. Wakil Rektor I: Hadir untuk Layani Masyarakat Umum dan Sarana Pendidikan

RSGM Soelastri UMS Resmi Beroperasi. Wakil Rektor I: Hadir untuk Layani Masyarakat Umum dan Sarana Pendidikan

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) resmi membuka pelayanan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri UMS. Senin (14/1/2019), bertempat di RSGM Soelastri UMS lantai 6 jalan Slamet Riyadi Solo, launching operasional tersebut dilaksanakan.

Dr. Muhammad Dai, M.Si, Apt. sebagai Wakil Rektor I Bidang Akadamik menyampaikan bahwa RSGM UMS ini, merupakan satu-satunya rumah sakit spesialis gigi dan mulut yang ada di Solo raya. Kemudian dia menjelaskan tujuan dari pendirian rumah sakit ini untuk melayani masyarakat umum dan memfasilitasi proses pembelajaran bagi mahasiswa tingkkat profesi kedokteran gigi UMS.

“Perlu diingat, kita memiliki dua tujuan utama dalam pendirian rumah sakit ini, tujuan pertama untuk melayani masyarakat umum dan kedua sebagai fasilitas wahana pendidikan bagi mahasiswa profesi di Kedokteran Gigi UMS” paparnya.

Selain keunggulan sebagai rumah sakit khusus gigi dan mulut satu-satunya di Solo raya, keunggulan lainnya adalah dari segi fasilitas sarana dan prasarana. Bangunan bertingkat 9 lantai ini memiliki standar bangunan rumah sakit tipe B, meskipun ijin yang diperoleh adalah rumah sakit tipe C.

“Bangunan rumah sakit ini berstandar tipe B, meskipun ijin yang kami ajukan dan kami peroleh baru tipe C, maka dari itu kami meyakini dengan adanya RSGM ini dapat membantu masyarakat solo dan sekitarnya” lengkapnya.

Direktur Utama RSGM Soelastri UMS yakni drg. Noor Hafida Widyastuti, Sp.KG. menyebutkan fasilitas layanan yang dimiliki, yaitu layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk umum dan gigi, layanan konserfasi gigi, Kedokteran gigi anak, periodonsia, prostodonsia, bedah mulut dan penyakit mulut lainnya.

“Kemudian kita ditunjang oleh Sumber Daya Manusia yang cukup handal dibidang gigi dan mulut. Kami sudah memiliki dokter gigi sejumlah 7 orang, dan dokter gigi spesialis gigi anak, spesialis bedah mulut, spesialis konserfasi gigi, dan spesialis periodonsia” ujar Direktur Utama RSGM Soelastri UMS.

Selain itu, Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang resmi mendapat ijin operasional pertanggal 7 Januari 2019 ini, membuka pelayanan non stop 24 jam. Rumah sakit ini juga didukung alat kesehatan khusus gigi dengan teknologi canggih, seperti CDCT Panosefalo 3D yang berguna sebagai alat scanner 3 dimensi untuk menangani pasien. Dengan hadirnya RSGM Soelastri UMS ini, masyarakat tidak perlu bingung jika mencari tempat berobat yang tepat untuk gangguan gigi dan mulut. (Risqi)