You are currently viewing UMS Luncurkan Website Baru Targetkan Peringkat World Class University

UMS Luncurkan Website Baru Targetkan Peringkat World Class University

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menargetkan masuk peringkat World Class University (WCU) pada tahun 2029 mendatang.

Untuk itu perguruan tinggi ini meresmikan penggunaan website UMS.AC.ID dengan wajah baru, Rabu (25/1/2023).

Penggunaan instrumen baru diharapkan dapat meningkatkan peringkat dalam QS World ranking maupun Asia. “Radar Kita sekarang masih berdalam dalam peringkat  1.200 perguruan tinggi dunia. Penggunaan instrumen baru diharapkan bisa mengembalikan keadaa seperti sebelumnya karena UMS pernah menduduki peringkat 800,” kata Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si pada acara peresmian website UMS.AC.ID dengan wajah baru.

Acara juga dihadiri segenap sivitas akademika UMS dan berlangsung di gedung Auditorium Muh. Djazman kampus setempat,

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si lebih lanjut menyampaikan, website UMS.AC.ID yang baru  mengintegrasi akses informasi dalam satu pintu . Tujuannya yakni menciptakan website yang tertata rapi, kompak dan terpola.

Sehingga memudahkan pengguna menemukan informasi yang dicari. Website UMS.AC.ID baru dibangun menggunakan arsitektur back-end dan front-end yang mendukung pengembangan berkelanjutan.

Tiga Bahasa

“Bahkan bisa diintegrasikan dengan berbagai macam platform seperti android dan IOS. Teknologi cloud multi regional yang cepat dan aman digunakan meningkatkan kecepatan akses dari berbagai belahan dunia,” kata Prof Sofyan Anif.

Website baru menggunakan tiga  bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Arab, sebagai bagian dari gerakan internasionalisasi UMS. Terdapat berbagai fitur menarik dalam landing page UMS.AC.ID. Di antaranya informasi detail seluruh program studi di setiap jenjang, informasi beasiswa mahasiswa, informasi riset, kehidupan dan akomodasi kampus, peluang karir universitas.

Website baru UMS.AC.ID memiliki berbagai keunggulan seperti pemusatan akses informasi, Search Engine Optimization (SEO), dan detail kurikulum yang dapat diakses melalui laman prodi, terangnya seraya menambahkan pembuatan landing page UMS.AC.ID merupakan program kerja peningkatan kualitas penyajian informasi kepada stakeholders UMS dan publik dan dikelola Wakil Rektor V Bidang Kerja Sama dan Urusan Internasional Prof. Supriyono, S.T., M.T., Ph.D.

Sementara itu Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional Prof. Supriyono, S.T., M.T., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan SEO merupakan  proses meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik ke situs web dari mesin pencari melalui perbaikan posisi situs web dalam hasil pencarian.

Ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas konten. Sehingga membuat situs web lebih mudah diakses  mesin pencari, bebernya sembari menambahkan pengembangan dan pembangunan website UMS.AC.ID ini melibatkan expertise di berbagai bidang, seperti: UI/UX, Web Development, Konten, Bahasa, Desain, dan fotografi.

Bagus Adji

Sumber : https://suarabaru.id/2023/01/25/ums-luncurkan-website-baru-targetkan-peringkat-world-class-university