You are currently viewing SBMPTMu 2024 Resmi Dibuka, Simak Jadwal dan Syarat Pendaftarannya!

SBMPTMu 2024 Resmi Dibuka, Simak Jadwal dan Syarat Pendaftarannya!

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMu) 2024 yang dilaunching Selasa, (23/1/2024) di Auditorium Moh. Djazman, Kampus I UMS.

Wakil Rektor Bidang I UMS, Prof., Dr., Harun Joko Prayitno, M.Hum., atas nama tuan rumah menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang), Dikdasmen dan forum SBMPTMu.

“Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) dari awal memiliki komitmen yang tinggi terhadap pendidikan. Melihat jumlah PTMA yang lebih banyak dari Perguruan Tinggi Negeri,” tegas Harun.

Sekretaris Majelis Diktilitbang Pimpunan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ahmad Muttaqin mengatakan, SBMPTMu merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTMA yang diinisiasi oleh Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Tahun 2024 ini, pelaksanaan SBMPTMu memasuki tahun ke-7 setelah sebelumnya diresmikan pada 2018 lalu,” ujarnya.

Menurutnya, SBMPTMu ini dilaksanakan agar PTMA mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan oleh, Ahmad Muttaqin, SBMPTMu 2024 diikuti oleh 122 (seratus dua puluh dua) PTMA yang tersebar di seluruh Indonesia menggunakan Computer Based Test (CBT) Program studi yang ditawarkan pada SBMPTMu 2024 lebih dari 500 program studi di seluruh PTMA yang mengikuti program ini.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua kelompok; Kelompok 1 untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi dengan dua jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris); Kelompok 2 adalah Program Studi lainnya dengan materi tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika).

Dalam kesemptan itu, Ahmad Muttaqin mengatakan, keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTMu yakni memudahkan calon mahasiswa memilih PTMA tujuannya.

“Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online https://sbmptmu.id dan mengikuti alur pendaftaran mulai dari pengisian formular sampai dengan dinyatakan lolos sesuai PTMA yang dipilih,” ujarnya.

Peserta yang memilih untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi mempunyai kesempatan memilih 3 (tiga) program studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi pada PTMA yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat.

Sedangkan peserta yang memilih Prodi lainnya mempunyai kesempatan memilih 4 (empat) program studi pada PTMA yang sama atau berbeda di lokasi terdekat.

Kemudian informasi pendaftaran Gelombang I, secara resmi akan dibuka pada 11 November 2023 hingga 17 Mei 2024. Calon peserta harus memenuhi syarat antara lain, lulusan SMA/MA jurusan IPA tahun 2022, 2023, atau 2024. Bagi peserta lulusan paket Paket C maksimal usia 21 tahun. Selain itu, calon peserta dalam keadaan sehat dan tidak buta warna. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada Jumat, 24 Mei 2024.

Peserta yang lolos tahap ini akan mengikuti tes tahap selanjutnya di PTMA tujuan masing-masing. Sedangkan pengumuman prodi lainnya akan diumumkan secara one day service.

Untuk keperluan pendaftaran, peserta mengunggah raport semester 5 (bagi lulusan 2024) atau ijazah (bagi lulusan 2023 dan sebelumnya), pas foto berwarna dan kartu identitas berfoto (KTP/ Pasport/ SIM).

Jadwal Pelaksanaan SBMPTMu 2024

Gelombang 1:

Program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi | pendaftaran: 11 November 2023–17 Mei 2024 | Pengumuman: 24 Mei 2024

Prodi Lainnya | pendaftaran 11 November 2023–17 Mei 2024 | Pengumuman: One Day Service

Gelombang 2:

Program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi | pendaftaran: 20 Mei 2024–16 Agustus 2024 | Pengumuman: 23 Agustus 2024

Prodi Lainnya | pendaftaran: 20 Mei 2024–16 Agustus 2024 | Pengumuman: One Day Service. (Bangkit/Fika/Humas)