You are currently viewing Sambangi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, RSGM Soelastri dan FK UMS Beri Edukasi dan Perawatan Gigi Ini ke Ratusan Siswa

Sambangi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, RSGM Soelastri dan FK UMS Beri Edukasi dan Perawatan Gigi Ini ke Ratusan Siswa

Pemeriksaan kesehatan gigi di salah satu SD swasta di Kota Solo, Kamis (25/4). (FAUZIAH AKMAL/RADAR SOLO) (FAUZIAH AKMAL/RADAR SOLO)

SOLOBALAPAN.COM – Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggencarkan edukasi kesehatan gigi dan mulut ke berbagai sekolah.

Dilansir dari Radar Solo, salah satu sekolah yang menjai sasaran ini adalah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo.

Terdapat 104 siswa kelas I SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo yang mendapatkan edukasi, pemeriksaan gigi, dan pengolesan flouride pada gigi yang dilakukan di sekolah setempat pada Kamis (25/4).

Koordinator lapangan drg Alfatisa Riski Dewantari mengatakan kegiatan bertajuk “Senyum Sehat Indonesia” dalam rangka World Oral Health Day atau Hari Kesehatan Gigi Sedunia.

Bertujuan untuk mengajak anak-anak peduli dengan kesehatan mereka terlebih pada bagian mencegah gigi berlubang.

“Kegiatan dilakukan dengan pengolesan bahan Fluor, Topical Application Fluoride (TAF) pada gigi anak-anak untuk mencegah gigi berlubang sejak usia dini,” paparnya.

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Sri Sayekti mengatakan kegiatan itu menjadi momentum yang baik untuk memperkenalkan siswa mengenai imunisasi gigi.

“Biasanya imunisasi untuk anak-anak di kelas 1 dan 2 itu disuntik. Tapi kali ini imunisasi gigi dengan dioleskan fluoride pada gigi agar tidak berlubang dan semakin kuat. Di sekolah ada Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) modern diperkuat perawat, Waka Kesiswaan, dan tim guru olahraga, serta dokter kecil,” kata dia.

Sayekti menambahkan, salah satu upaya meminimalisasi angka kesakitan yang ada adalah dengan tindakan preventif melalui kegiatan promosi kesehatan.

Sebab perawatan gigi dan mulut sejak usia dini akan menentukan kesehatan gigi dan mulut sampai akhir hayat.

“Penyakit gigi dan mulut yang bisa dialami apabila perawatan tidak dilakukan dengan baik, misalnya gigi berlubang, gusi meradang, dan sariawan,” jelasnya. (zia/rei)

Sumber: https://solobalapan.jawapos.com/kesehatan/2304579188/sambangi-sd-muhammadiyah-1-ketelan-solo-rsgm-soelastri-dan-fk-ums-beri-edukasi-dan-perawatan-gigi-ini-ke-ratusan-siswa