You are currently viewing Rektor UMS Apresiasi Kepedulian Seni Budaya PWI Surakarta dalam Peringatan HPN 2023

Rektor UMS Apresiasi Kepedulian Seni Budaya PWI Surakarta dalam Peringatan HPN 2023

TIMESINDONESIA, SOLO – Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif memberikan apresiasi terhadap Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta. Utamanya dalam kaitan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang menggelar berbagai kegiatan termasuk pentas seni tradisional kethoprak.

Hal tersebut diungkapkan saat audensi antara perwakilan pengurus PWI Surakarta dengan Rektor UMS pada Kamis (2/2/2023) di ruang rektor Gedung Induk Siti Walidah Lantai 6 kampus setempat.

“Saya mengapresiasi PWI Surakarta yang mau ikut peduli dan nguri- nguri kesenian tradisional kethoprak. Sebenarnya saya ingin berpartisipasi ikut main kethoprak. Namun karena berbarengan dengan kegiatan. Saya  mewakilkan kepada Sekretaris Rektor Prof Dr Anam Sutopo, S.Pd, M.Hum untuk main kethoprak,” terang Prof. Dr. Sofyan Anif ketika menerima audensi perwakilan pengurus PWI Surakarta.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif mengakui peran media bagi perkembangan kampus UMS  sangat relevan. Peran serta media dalam pemberitaan semua kegiatan di UMS cukup luar biasa. Sehingga membuat UMS menjadi salah satu PTS yang disegani di tanah air.

“Ya, selama ini kami sudah menjalin kerja sama dengan mitra media. Semua kegiatan di UMS selalu menjadi menu utama. Oleh karena itu, sudah sewajarnya, pada momentum HPN, UMS ikut mangayubagya dengan harapan jalinan kerja sama yang sudah terbina selama ini dapat terus dipertahankan,” tegas Prof. Sofyan Anif.

Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul menyambut baik sinergitas antara UMS dengan media yang sudah berjalan baik selama ini. Momentum HPN juga diharapkan dapat semakin merekatkan jalinan kerjasama yang sudah terbina baik.

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut. Sehingga terjalin sinergitas antara media dan UMS,” ucap Anas.

Dia menyebut berbagai kegiatan dalam rangka HPN 2023 di Solo Raya. Di antaranya digelar malam tirakatan, dan pameran foto di Monumen Pers Nasional. Juga talk show tentang pers, pelatihan jurnalistik untuk umum, pelatihan produksi berita dengan handphone dan sebagainya. Kegiatan tersebut dirangkai dalam tajuk Festival Pers HPN 2023.

Sebagai penutup kegiatan HPN bakal digelar pentas kethoprak dengan lakon Panji Ngengleng di studio RRI Surakarta tanggal 28 Februari 2023. (*)

Sumber : https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/444931/rektor-ums-apresiasi-kepedulian-seni-budaya-pwi-surakarta-dalam-peringatan-hpn-2023