UMS Serahkan Ratusan Mahasiswa KKN FKIP Untuk 20 Sekolah Muhammadiyah di Klaten

Sieradmu.com Klaten – Sebanyak 200 mahasiwa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di sejumlah sekolah muhammadiyah di Kabupaten klaten, Jawa Tengah. Kegiatan ini bagian dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi bidibang pengabdian masyarakat.

Ratusan mahasiswa KKN FKIP UMS tersebut secara resmi diserahkan Rektor UMS melalui Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan se-Kabupaten dan Kecamatan Juwiring, Dr. Yunus Sulistiyono kepada Pimpinan daerah muhammadiyah klaten, yang diwakili Ketua majelis Dikdasmen di aula SMA Muhammadiyah 1 klaten, Senin (30/1/2023).

“Tujuan KKN Mahasiswa UMS tersebut untuk melakukan pengabdian selama 30 hari pada 11 wilayah Kecamatan di 20 Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Klaten, kegiatan ini tidak hanya fokus dimasyarakat, akan tetapi juga di sekolah karena tema kali ini adalah KKN Pendidikan Memberi Kontribusi di Masyarakat dan Sekolah Muhammadiyah”,kata Yunu yang juga merupakan alumni sekolah pembaharu SMA Muhammadiyah 1 klaten.

Melalui KKN ini menurutnya, pihak kampus berharap dapat memberikan manfaat sebagai bentuk pembelajaran mahasiswa itu sendiri juga bisa memberi manfaat dan dampak positif ke sekolah yang ditempati.

“Mahasiswa ini terdiri dari anak muda dengan semangat yang tinggi. Mereka mempunyai program akan mengaktifkan TPA, Pengajian dan membantu kegiatan disekolah. Ini juga sejalan dengan pelaksanaan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,”ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Aris Munawar yang juga ikut menyambut kedatangan para Mahasiswa UMS menjelaskan ada 11 mahasiswa yang mengikuti KKN di sekolahnya.

“Selama KKN nantinya diharapkan para mahasiswa ini dapat membantu kegiatan sekolah kaitannya dengan pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten”,ucapnya.

Sebagai sekolah pembaharu menurutnya, SMA Muhammadiyah 1 Klaten saat ini sedang menguatkan program literasi seperti membaca buku. Kehadiran para mahasiswa diharapkan bisa ikut memotivasi murid yang ada disini untuk suka membaca buku. Kebetulan salah satu pembimbingnya juga merupakan alumni sekolah ini.

“Kesuksesan alumni semoga menjadi isnpirasi para siswa untuk lebih giat belajar”,pungkas Aris. (Rachma)

Sumber : https://sieradmu.com/ums-serahkan-ratusan-mahasiswa-kkn-fkip-untuk-20-sekolah-muhammadiyah-di-klaten/