You are currently viewing Bekali Kemampuan IPTEKS dan Spiritual! Pascasarjana UMS Gelar Orientasi 505 Mahasiswa Baru

Bekali Kemampuan IPTEKS dan Spiritual! Pascasarjana UMS Gelar Orientasi 505 Mahasiswa Baru

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mengadakan Orientasi Mahasiswa Baru Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 pada Sabtu, (17/2) di Ruang Seminar Pascasarjana, Kampus II, UMS. Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyambut para mahasiswa baru dengan penuh semangat, menyatakan bahwa kampus sedang melalui fase transformasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Prof. Sofyan Anif menyampaikan, “Saya mengapresiasi sekolah pascasarjana, dari tahun 2017 sampai sekarang ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari data yang mendaftar maupun mahasiswa yang diterima.” Namun, dia juga menekankan pentingnya menjaga komunikasi antara dosen dan mahasiswa untuk kelancaran proses perkuliahan.

Rektor UMS menegaskan, mahasiswa di UMS akan mendapatkan pendidikan yang mencakup Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) serta penguatan spiritual. Dia juga mengingatkan agar mahasiswa tidak terjebak dalam hal-hal yang tidak diinginkan, terutama yang menjadi perbincangan di media sosial.

Prof. M. Farid Wajdi, M.M., Ph.D., Direktur Pascasarjana UMS, menjelaskan bahwa orientasi ini adalah bagian dari upaya menyambut mahasiswa baru Pascasarjana. “Pascasarjana UMS memiliki dua prinsip, yaitu akademis dan humanis, sehingga semua dilakukan untuk mencapai standar akademis Perguruan Tinggi,” tegasnya.

Prof. Farid menegaskan, “Prinsip kami adalah menjembatani masa depan anda (mahasiswa baru pascasarjana) dan kesuksesan anda adalah kesuksesan kami.” Dia juga menekankan bahwa tidak ada yang sulit, tetapi hanya belum mampu.

Dalam pernyataan terpisah, Prof. Marwan Effendy, ST., MT., Ph.D., Wakil Direktur Pascasarjana UMS, mengungkapkan bahwa jumlah mahasiswa baru mencapai 505, dengan 467 di antaranya mendaftar untuk program S2 dan 38 untuk program S3. Untuk semester genap Tahun 2023/2024, hanya sekitar 35% dari pendaftar diterima untuk program magister dan 32% untuk program doktor.

Orientasi melibatkan pemaparan materi akademik dan keuangan oleh Prof. Marwan Effendy, yang diikuti dengan materi orientasi Perpustakaan oleh tim dari Perpustakaan. Kegiatan ini ditutup dengan prodiria untuk pengenalan masing-masing program studi. (Fika/Humas)

Dengan demikian, Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana UMS bukan hanya sekedar pengenalan rutin, melainkan juga langkah awal yang serius dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di era IPTEKS dan spiritual yang semakin kompleks.

Sumber: https://pwmjateng.com/bekali-kemampuan-ipteks-dan-spiritual-pascasarjana-ums-gelar-orientasi-505-mahasiswa-baru/