You are currently viewing UMS Tambah Tiga Guru Besar, Bidik WCU 2029

UMS Tambah Tiga Guru Besar, Bidik WCU 2029

LEGA: UMS mengukuhkan tiga guru besarnya, Sabtu (17/2/2024). (FAUZIA AKMAL/RADAR SOLO)

RADARSOLO.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menambah tiga guru besar fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) untuk menuju World Class University (WCU) pada 2029.

Dua guru besar bidang Ilmu Manajemen Ihwan Susila dan Zulfikar, serta guru besar bidang Ilmu Akuntansi M. Farid Wajdi dikukuhkan, Sabtu (17/2/2024).

Rektor UMS Sofyan Anif mengatakan, tiga guru besar ini sama-sama lulusan S1 dari FEB UMS. Proses menuju guru besar dilakukan ketiganya kurang dari satu tahun.

“Selain itu, yang spesial lagi Prof Ihwan dan Prof Zulfikar ini adalah murid dari Prof Farid. Alhamdulillah, ketiganya dikukuhkan bersama pada hari ini,” ucapnya.

Sofyan mengatakan penambahan guru besar ini untuk membuka prodi S3 Ilmu Manajemen, yang mana visitasi prodi tersebut sudah dijadwalkan pada 1-4 April mendatang.

“Sehingga hampir lengkap prodi S3, tinggal di fakultas kesehatan yang saat ini ada dua profesor yang masih proses pengajuan di Jakarta,” jelasnya.

Sofyan berharap, tiga guru besar ini bisa meningkatkan reputasi UMS, terutama dari sisi jumlah riset dan jurnal ilmiah.

Dia mendorong agar upaya tersebut bisa berjalan simultan sesuai dengan pencanangan World Class University pada 2029.

“Beberapa persyaratan yang belum, yakni melengkapi jurnal riset dan tulisan ilmiah. Sebetulnya ini sudah lumayan, yang sudah terindeks Scopus ada sekitar 2.000, kalau yang terindeks Sinta ada sekira 3.500,” bebernya.

Kendati demikian, lanjutnya, untuk hasil riset UMS baru memenuhi sekitar 40 persen. Menurutnya, setidaknya UMS perlu menambah 20 persen lagi jumlah dosen yang melakukan riset ilmiah.

“Jadi, ada 60 persen yang sudah melakukan riset. Oleh karena itu, kami berupaya mempermudah kemajuan guru besar,” imbuhnya.

Sofyan mengatakan, guru besar UMS mencapai 49 orang. Namun beberapa ada yang sudah pindah, mengundurkan diri, dan yang sudah meninggal dunia. Sehingga kini tersisa 38 guru besar.

Pada pengukuhannya, Ihwan Susila memaparkan orasi ilmiah yang bertajuk “Kepercayaan, Harapan, dan Komunikasi Simbolik: Sebuah Kajian Pemilih Muda dalam Perspektif Pemasaran Politik”.

Sementara Zulfikar, menyampaikan pidato mengenai “Etika Bisnis dan Profesional Akuntan dalam Perspektif Moral Sustainability”.

Sedangkan Farid Wajdi memaparkan orasi dengan judul “Orientasi Strategis Meraih Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan Organisasi”. (zia/nik)

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/844174758/ums-tambah-tiga-guru-besar-bidik-wcu-2029