You are currently viewing Berkemajuan! UMS Surakarta Gandeng UMP Palembang Buka Prodi PSDKU S1 PGSD

Berkemajuan! UMS Surakarta Gandeng UMP Palembang Buka Prodi PSDKU S1 PGSD

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai Universitas Mencerahkan, Unggul, Mendunia mengembangkan kualitas akademik dan kelembagaan dengan menggandeng Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) untuk membuka Prodi Program Studi diluar Kampus Utama (PSDKU) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Program Sarjana.

Wakil Rektor Bidang I UMS, Prof., Dr., Drs., Harun Joko Prayitno, S.E., M.Hum., mengungkapkan pengembangan PSDKU dilaksanakan di UMP Palembang dan berbagai provinsi strategis.

“Ini merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kemampuan SDM yang mampu bersaing, SDM yang unggul, SDM yang mampu beradaptasi pada era komputasi global,” ungkap Harun Sabtu, (3/2).

Pernyataan tersebut sebagaimana disampaikan oleh Rektor UMS Prof., Sofyan Anif, M.SI., pada saat rapat koordinasi pembukaan PSDKU dengan Rektor UMP Palembang, Dr., Abid Djazuli yang didampingi oleh jajaran Wakil Rektor dan Dekanat secara lengkap.

BACA JUGA: Dosen UMS Dukung Desa Mundu Persiapkan Rumah Tahan Pangan

Dalam rapat koordinasi pada Kamis, (1/2) tersebut, antara Rektor UMS & Rektor UMP Palembang sepakat untuk mengelola dan mengembangkan Prodi PSDKU ini secara profesional yang mampu menghasilkan sosok-sosok guru SD/MI profesional yang memiliki memiliki kemampuan HOPE (Progresif-Moderatif).

Program PSDKU UMS di UM Palembang ini didasarkan pengalaman panjang UMS yang sebelumnya sudah berhasil mengembangkan UMKT Kalimantan Timur, UMMAD Madiun yang sedang dikembangkan oleh UMS menjadi UMJT, UMMAM Malaysia, Prodi Bahasa Indonesia di Al Azhar University Kairo Mesir, PSKJJ di Sorong Papua, dll.

Harun Joko Prayitno juga menambahkan bahwa PSDKU S1 PGSD di UMP Palembang ini akan didesain dengan perkuliahan smart classroom, berbasis OBE (Outcome Education), dan berpendekatan pembelajaran IT (Inovasi Talenta) Abad 21. Sehingga lulusan S1 PGSD PSDKU di UMP Palembang ini akan dibekali dengan Kompetensi Holistik Era Komunikasi-Komputasi Global.

“Inovasi dan kreasi tanpa henti yang dilakukan oleh UMS ini menjadi bukti nyata bahwa Muhammadiyah Aisyiyah melalui PTMA senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan SDM unggul yang mampu berdaya saing. UMS senantiasa berhikmat dan berkomitmen menghadirkan pendidikan di seluruh pelosok negeri dari Sabang sampai Merauke,” papar WR 1 Bidang Akademik UMS itu. (Fika/Humas)