You are currently viewing Silat APIK PTMA Di UMS Diikuti 170 Peserta

Silat APIK PTMA Di UMS Diikuti 170 Peserta

KBRN, Surakarta : Sebanyak 170 mahasiswa dan 70 dosen dari program studi Ilmu komunikasi Universitas Muhamadiyah di Indonesia tampil dalam kegiatan Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (SILAT APIK PTMA).

Ivent yang sudah masuk tahun ketiga itu, bakal digelar selama dua hari mulai hari Rabu (28/02/2024) ini di dua lokasi yakni Adutorium Muhamad Jazman UMS untuk acara opening seremoni, work shop dan kompetisi dan Edutorium KH Ahmad Dahlan untuk awarding dan closing seremoine.

Wakil Rektor 5 UMS Prof Supriyono usai acara pembukaan kepada wartawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut cukup strategis  dalam upaya menjalin silaturahmi antar perguruan.

“Kami bangga jelas, sebab kegiatan itu diikuti banyak peserta. Sehingga bagi perguruan yang masib memiliki jarak dapat lebih dekat dan bisa berjalan bersama dalam rangka membangun membangun permasalahan bangsa kedepannya lebih baik lagi,” ujarnya.

Ketua Umum APIK Himawan Sutanto memberikan apresiasi kepada peserta yang jauh-jauh datang ke kota Solo dari Aceh hingga Sulawesi Maluku Utara. Menurutnya, kegiatan SILAT APIK PTMA yang kali ketiga di UMS merupakan yang terbesar dibandingkan 2 Silat APIK sebelumnya yakni di Ponorogo dan Sidoarjo yang masing-masing memiliki keunikan dan kekhasan sendiri.

“Di UMS sendiri memiliki unsur budaya, pengembangan kreativitas dan dengan target mendatang kegiatan serupa dapat lebih besar lagi bahkan internasional,” kata WR 5.

Sementara itu Ketua panitia SILAT AIK PTMA Agus Triyono menambahkan dalam penyelenggaraannya, akan ada beberapa kegiatan yang tidak hanya menyasar dosen Ilmu Komunikasi saja, melainkan juga para mahasiswa dan siswa tingkat SMA/SMK.

“Beberapa rangkaian acara di antaranya, kompetisi bagi mahasiswa dan siswa SMA/SMK, yaitu diantaranya, iklan ILM, reportasi penyiaran, lomba fotografi, konten digital, dan e-sport,” kata Agus.

Selain itu, menurutnya terdapat sesi workshop, kongres dan penandatanganan MOU kelembagaan, dan sesi awarding.

“Berbagai Lomba tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa,” pungkasnya. (Edwi)

Sumber: https://www.rri.co.id/surakarta/daerah/574437/silat-apik-ptma-di-ums-diikuti-170-peserta