You are currently viewing UMS Akan Gelar Sosialisasi KBMK, Catat Tanggalnya!

UMS Akan Gelar Sosialisasi KBMK, Catat Tanggalnya!

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan mengadakan Sosialisasi Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) 2024 yang akan dilaksanakan pada Senin, (12/2) mendatang, secara daring melalui platform Zoom Meeting.

KBMK merupakan kompetisi mahasiswa yang fokus dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Keuangan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yaitu lembaga dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menyelenggarakan kompetisi-kompetisi bergengsi berskala nasional.

Banyak kompetisi yang diselenggarakan oleh Puspresnas. Beberapa diantaranya yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Kontes Robot Indonesia (KRI), Olimpiade, dan KBMK.

Kepala bagian ACEC dan Alumni Biro Kemahasiswaan, Nurhidayat, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan tujuan dari penyelenggaraan Sosialisasi KBMK 2024 tersebut.

“Tujuan diadakan sosialisasi itu supaya dapat memberikan informasi kepada mahasiswa terkait lomba KBMK 2024, memotivasi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam lomba, memotivasi dosen untuk berpartisipasi sebagai pembimbing dalam lomba, menginformasikan teknis seleksi dan timeline lomba,” papar Nur, Kamis, (8/2).

Dalam sosialisasi itu, lanjut dia, akan dibahas tentang jenis lomba, persyaratan peserta lomba, aturan-aturan lomba, dan berbagai ketentuan dan tema lomba.

Nurhidayat berharap setelah diselenggarakannya acara tersebut, mahasiswa mendapatkan informasi tentang KBMK sekaligus termotivasi untuk mengikuti kompetisi itu. Harapannya mahasiswa tertarik mengikuti kompetisi itu dengan mengasah hard skills dan soft skills mereka.

Pada kompetisi KBMK 2024, terdapat 5 bidang yang dilombakan, meliputi : (1) Bidang Perencanaan Bisnis; (2) Bidang Riset dan Inovasi; (3) Bidang Keuangan, Audit Investigasi; (4) Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna; serta (5) Bidang Penulisan Karya Tulis ilmiah.

KBMK 2024 sendiri terdiri dari Babak Penyisihan, Babak Semifinal (berupa presentasi berdasarkan tugas terkait studi kasus), dan Babak Grand Final (berupa presentasi tugas secara impromptu). Khusus cabang penulisan karya tulis ilmiah akan menjalankan orasi ilmiah di babak Grand Final.

Panduan KBMK 2024, bisa diakses pada laman https://bit.ly/PanduanKBMK-2024 serta untuk pendaftaranya melalui laman https://bit.ly/SosialisasiKBMK-UMS yang nantinya tautan Zoom Meeting akan dikirim melalui E-Mail masing-masing pendaftar. (Yusuf/Humas)