You are currently viewing Tim Robot UMS Lolos Uji Coba, Siap Maju Tingkat Wilayah KRI 2024

Tim Robot UMS Lolos Uji Coba, Siap Maju Tingkat Wilayah KRI 2024

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lolos uji coba pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024.

Uji coba tim bernama Robot Research (RR) Abuhero itu melalui platform zoom meeting, berlangsung di GOR Kampus 2 UMS, Selasa (30/4/2024).

Ketua Tim RR Abuhero yang juga merupakan mahasiswa Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) UMS angkatan 2021, Muhammad Rasyid Annafi menjelaskan, beberapa rangkaian persiapan dan hasil tes, termasuk cek kesiapan lapangan untuk wilayah.

“Jadi untuk seleksi di tingkat wilayah, kami berhasil lolos,” paparnya saat ditemui setelah visitasi.

Pada waktu yang sama, tim Adisha UMS yang berlaga di Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) telah selesai menjalani running test di Ruang Seminar Lantai 2 Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMS.

Ketua Tim Adisha UMS, Chattur Putra Pilihanto, mahasiswa Prodi Teknik Elektro FT UMS angkatan 2021 memaparkan hasil dari running test yang dilaksanakan timnya.

“Pengecekan robot bisa bergerak atau belum, kemudian dilakukan pengecekan kesesuaian lapangan apakah sesuai dengan standar yang dilombakan. Alhamdulillah semuanya sesuai dan siap untuk seleksi tahap selanjutnya,” papar Chattur.

Pada tahun ini, lanjut dia, tema yang diangkat pada divisi KRSTI di KRI 2024 adalah Tari Oleg Tamuliliang dari daerah Bali. Dari sisi busana, divisi itu juga penilaian tersendiri.

“Selain kemenangan poin, kami juga mendapat nilai desain terbaik untuk custom bajunya,” tutur dia.

Sama seperti Tim RR Abuhero, Tim Adisha UMS juga yakin lolos ke tahap nasional. Sebab UMS telah mendukung penuh, mulai pendanaan hingga persiapan peralatan dan akomodasi.**

Sumber: https://solo.suaramerdeka.com/pendidikan/0512564750/tim-robot-ums-lolos-uji-coba-siap-maju-tingkat-wilayah-kri-2024