You are currently viewing UMS dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar Jadi Host Silat APIK

UMS dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar Jadi Host Silat APIK

PEMAPARAN: Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMS Sidiq Setyawan memberikan penjelasan dalam Jumpa pers Silat APIK, Selasa (27/2/2024). (FAUZIAH AKMAL/RADAR SOLO)

RADARSOLO.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar jadi host Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (Silat APIK) 2024, Rabu-Kamis (28-29/2).

Diikuti 170 mahasiswa dan 70 dosen program studi (prodi) ilmu komunikasi, dari 27 Perguruan Tinggi Muhamadiyah dan Aisyiyah (PTMA) se Indonesia.

Ajang ini mengusung tema “Society and Communication in The Digital Era”.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMS Sidiq Setyawan menjelaskan, bukan tanpa alasan memilih tema tersebut.

Karena komunikasi di era masyarakat digital akan berdampak besar bagi seluruh sendi kehidupan. Terutama di perguruan tinggi.

“Tema ini dipilih karena kami menempatkan society di atas teknologi digital. Karena manusia berperan sebagai pengendali teknologi,” kata Sidiq.

Sidiq menambahkan, ajang ini juga menjadi wadah membangun silaturahmi dalam penguatan pembelajaran dan kompetensi mahasiswa, penelitian, serta pengabdian kolaboratif untuk masyarakat.

“Difokuskan untuk peningkatan prestasi akademik dan nonakademik mahasiswa prodi ilmu komunikasi,” imbuhnya.

Silat APIK 2024 dibuka di Edutorium Mohammad Djazman UMS, hari ini. Dilanjutkan kongres APIK PTMA dan workshop.

Peserta juga akan mengikuti perlombaan dengan tema isu sosial dan budaya di Kota Solo.

“Terdapat lima bidang yang dilombakan. Meliputi PR Crisis, digital content, fotografi, iklan layanan masyarakat, dan reportase penyiaran,” papar ketua panitia penyelenggara Agus Triyono.

Hari terakhir, Kamis (29/2/2024), peserta akan mengunjungi Lokananta dan kampung binaan prodi Ilmu Komunikasi UMS di Cepogo, Boyolali. Kegiatan diakhiri sesi penyerahan penghargaan di Edutorium UMS.

Sebelum penyelenggaraan Silat APIK 2024, panitia juga melibatkan siswa jenjang SMA/SMK se Solo Raya. Mereka dilibatkan dalam lomba fotografi, konten digital, dan e-sport.

“Semoga kegiatan berjalan lancar dan menyenangkan bagi peserta. Menjadi kegiatan yang memacu banyak kolaborasi antar-PTMA. Juga sarana menyatukan, penyelaraskan, dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat,” tandasnya. (zia/fer)

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/844379802/ums-dan-universitas-muhammadiyah-karanganyar-jadi-host-silat-apik#google_vignette