You are currently viewing Akreditasi Unggul, Kuliah Umum POR UMS Hadirkan Pembicara dari Jerman

Akreditasi Unggul, Kuliah Umum POR UMS Hadirkan Pembicara dari Jerman

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah – Program Studi (Prodi) Pendidikan Olahraga (POR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar General Lecturer yang diselenggarakan di Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 UMS, Kamis (14/3).

General Lecturer yang bertajuk “Contrasting Approaches to Hosting International Sports Championships: Indonesia vs Germany,” itu menghadirkan pembicara dari University of Passau, Germany, Dr., Friederike Trotier, dan dimoderatori oleh Agam Akhmad Syaukani, S.Si., M.Ed. Acara ini dihadiri dengan total 160 mahasiswa POR UMS angkatan 2022 dan 2023.

Wakil Dekan 1 FKIP UMS, Mauly Halwat Hikmat, Ph.D., memberikan sambutan selamat datang kepada Friederike dan menyampaikan bahwa POR adalah Prodi yang sangat menjanjikan karena telah mendapatkan akreditasi Unggul yang mengacu pada Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) dan banyak menghasilkan mahasiswa yang berprestasi.

“Kegiatan ini rutin dan diwajibkan bagi setiap Prodi dengan mengundang pembicara dari luar negeri yang bertujuan untuk menambah wawasan kepada mahasiswa di bidang olahraga. POR tidak hanya untuk menjadi pengajar saja namun juga berkaitan dengan politik, kewirausahaan, maupun penyelenggaraan event,” kata Mauly.

Pada kesempatan yang sama, Dr., Friederike Trotier, mengungkapkan perasaan senangnya karena dapat berbagi ilmu kepada mahasiswa UMS.

“Saya merasa senang sekali bisa hadir ke UMS ini untuk berbagi apa yang saya ketahui,” ungkapnya.

Baru pertama kali berkunjung ke UMS, dia merasa takjub dan bangga karena dapat bekerja sama dengan salah satu universitas terbaik itu.

“Saat saya tiba di UMS, saya melihat gedungnya sangat bagus dan saya bangga karena dapat bekerja sama dengan universitas ini,” kata Friederike.

Saya berharap, lanjut dia, kerjasama ini dapat berlangsung lama dan membawa kebaikan untuk semuanya.

Kepala Program Studi POR UMS, Nur Subekti, S.Pd., M.Or., mengutarakan latar belakang diadakan kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa banyak yang menawarkan kerjasama dari luar negeri setelah POR UMS mendapatkan Akreditasi Unggul, salah satunya dari Jerman.

“Dengan predikat Unggulnya Prodi POR UMS ini semakin membuka peluang kepada kita untuk bekerjasama baik secara Nasional bahkan Internasional,” tutur Subhekti.

Tujuannya, lanjutnya, untuk mengenalkan bahwa UMS benar-benar siap untuk Go Internasional.

“Harapannya dapat meningkatkan kompetensi baik mahasiswa dan dosen, serta semakin mematangkan untuk menuju Prodi Pendidikan Olahraga yang Go Internasional juga,” pungkasnya.

Pemilihan tema pada Kuliah Umum tersebut senada dengan bidang yang dikuasai oleh Friederike, di mana minat penelitiannya berkonsentrasi pada olahraga, geografi perkotaan dan budaya populer di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Kuliah Umum itu diawali dengan pemaparan materi dari Dr., Friederike Trotier, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dengan mahasiswa UMS. Kemudian, disematkan pemberian kenang-kenangan dari kedua pihak. Pada sesi terakhir, peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk kemudian dapat berinteraksi langsung dengan 3 mahasiswa dari Jerman yang turut hadir bersama Friederike. (Yusuf/Humas)

Sumber: https://suaramuhammadiyah.id/read/akreditasi-unggul-kuliah-umum-por-ums-hadirkan-pembicara-dari-jerman