You are currently viewing GKR UMS 2024 Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ajak Untuk Tingkatkan Ketakwaan

GKR UMS 2024 Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ajak Untuk Tingkatkan Ketakwaan

ums.ac.id, SURAKARTA – Sambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Grand Opening Gema Kampus Ramadhan (GKR). Pembukaan keguatan ini berlokasi di Masjid Sudalmiyah Rais, pada Minggu (10/3) bertepatan dengan malam pertama bulan Ramadhan.

Kegiatan yang diawali dengan shalat Isya’ dan shalat Tarawih berjama’ah ini diikuti oleh civitas akademika, mahasiswa UMS dan umum. Ketua pelaksana GKR 2024, Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D. menyebutkan terdapat berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan GKR selama bulan Ramadhan, mulai dari shalat Tarawih berjama’ah, Tabligh Akbar, kajian buka bersama, Tadarrus Al-Qur’an, I’tikaf hingga shalat Idul Fitri dan berbagai kegiatan lainnya. Nurgiyatna menambahkan kegiatan ini bertujuan sebagai implementasi nilai-nilai islam di UMS.

“GKR tahun ini mengusung tema Implementasi Nilai-nilai Islam Sebagai Pilar Bagi Kampus Berkemajuan. Kita bersiap untuk mengoptimalkan dan berkomitmen meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita,” jelas Nurgiyatna.

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., Rektor UMS secara resmi membuka kegiatan GKR 2024 sekaligus menjadi pembicara pertama pada Tabligh Akbar. Dalam tausiyahnya, Sofyan Anif menyampaikan bahwa kewajiban berpuasa bagi umat Islam bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, hal ini tertuang dalam QS. Al-Baqarah ayat 183.

“Mungkin sebelum masuk UMS, puasa kita hanya untuk menggugurkan kewajiban dan ikut-ikutan saja, tidak merubah perilaku dan akhlak kita,” tutur Sofyan.

Dia menambahkan bahwa terdapat ciri-ciri orang bertakwa sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist di antaranya adalah orang yang bersedekah saat lapang maupun sempit, orang yang mampu mengendalikan nafsu, orang yang memberikan maaf sebelum diminta, hijrah kearah yang lebih baik, memanfaatkan waktu, jujur, dan lain sebagainya. (Eva/Humas)