You are currently viewing UMS Raih Poster Terbaik Peringkat 3 dari DRTPM Kemendikbud Ristek

UMS Raih Poster Terbaik Peringkat 3 dari DRTPM Kemendikbud Ristek

ums.ac.id, PABELANUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan Kategori Poster Terbaik Peringkat 3 dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) dalam acara Seminar hasil Pengabdian kepada Masyarakat untuk pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Mono Tahun bagi dosen pelaksana PkM tahun 2023.

Kegiatan seminar tersebut berlangsung di Hotel Novotel Samator dengan host pelaksanan Universitas Surabaya pada tanggal 1 – 2 Maret 2024.

Kegiatan Seminar Hasil ini merupakan tindak lanjut dari Pendanaan Hibah Pengabdian Masyarakat yang diperoleh UMS melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP), di mana sebanyak 15 proposal yang didanai oleh DRTPM Kemendikbud-Ristek.

Ketua LPMPP UMS, Prof., Ir., Sarjito, M.T., Ph.D., mengungkapkan, dari perolehan pendanaan proposal pengabdian tersebut menempatkan UMS pada peringkat Ketiga Nasional untuk Perguruan Tinggi Klaster Mandiri yang memperoleh Hibah Pengabdian Masyarakat terbanyak.

“Dalam pelaksanaannya selama 6-8 bulan para tim pengusul yang memperoleh Hibah PkM telah menjalankan tugasnya sesuai dengan yang direncanakan dalam proposal, mulai dari kegiatan sosialisasi, pendampingan, pelatihan telah dilaksanakan oleh tim pengusul bersama mitra kegiatan,” paparnya, Minggu (3/3).

Puncaknya adalah Tim Pengusul Pengabdian Masyarakat yang ditunjuk oleh DRTPM Kemendikbud-Ristek diundang untuk mengikuti kegiatan Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat dengan maksud untuk mengevaluasi keberhasilan program yang telah dilaksanakan oleh masing-masing pengusul.

“Dari 15 Tim Pengusul yang mendapatkan pendanaan hibah PkM dari UMS, terdapat 3 (tiga) tim pengusul yang mendapatkan undangan untuk mengikuti kegiatan Seminar Hasil yang dilaksanakan di Surabaya,” tambah Ketua LPMPP UMS itu.

Tim Pengusul, Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D., dengan judul PKM “Penerapan Teknologi Tepat Guna untuk Pengolahan Limbah Pertanian sebagai Pakan Complete Feed pada Kelompok Ternak Domba DZN Farm”; Emi Erawati, MT., dengan judul PKM “Kelompok Ibu PKK dalam Memproduksi Sabun Mandi Cair Anti Bakteri dan Anti Najis di Desa Mertan Sukoharjo”; dan Apt., Setyo Nurwaini, M.Si., dengan judul “Peningkatan Kapasitas Produksi Dan Pemasaran Produk Jamu Instan Oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki Di Desa Cabeyan, Bendosari, Sukoharjo”.

Dalam kesempatan kegiatan Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, salah satu tim pengusul UMS mendapatkan penghargaan penyaji Poster Terbaik ke-3 dalam yaitu Sarjito.

Menurut Sarjito, selaku Ketua Tim Pelaksana bahwa kegiatan seminar hasil ini diikuti sebanyak 90 Peserta dari 1902 penerima Pendanaan Hibah Pengabdian Masyarakat Nasional TA 2023. Peserta yang diundang dalam kegiatan ini adalah Tim Pengusul Pilihan DRTPM dari hasil seleksi Laporan Akhir yang diunggah di laman BIMA Kemdikbud-Ristek.

Tim Pengusul yang hadir diminta untuk mempresentasikan hasil kegiatan pengabdian Masyarakat dan memamerkan hasil kegiatan berupa Poster, Video Kegiatan dan Produk Hasil Kegiatan. Sementara itu dalam kegiatan tersebut perwakilan dari UMS yang diundang memperoleh Penghargaan Kategori Poster Terbaik Peringkat ke-3.

“Semoga dari hasil kegiatan ini dan perolehan penghargaan ini dapat menginspirasi para civitas akademika di UMS untuk menerapkan hasil-hasil risetnya untuk diterapkan di masyarakat. Selain itu saat ini DRTPM Kemendikbud-Ristek telah membuka Penerimaan Proposal PPM TA 2024, harapan kami perolehan Hibah Pengabdian Masyarakat TA 2024 dapat memperoleh pendanaan lebih banyak lagi dari tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Fika/Humas)