You are currently viewing Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, UMS Launching SDGs Center

Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, UMS Launching SDGs Center

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Talkshow Sustainable Development Goals (SDGs) sekaligus Peresmian SDGs Center UMS dengan tema ‘Working Together Towards Sustainable Development in Solo Raya’ yang diselenggarakan di Ruang Seminar Lt. 7 Gedung Siti Walidah UMS.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMS, Prof. Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., mengucapkan selamat datang kepada peserta Talk Show. Semoga dengan adanya kegiatan ini, SDGs Center akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari UMS.

Dalam kesempatan itu pula, Vice Chairman of UNESCO IHP IX on EH and Water Quality, Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa, M.Sc., mengapresiasi UMS yang telah menjadi salah satu jaringan dari SDGs Center University.

“Pada prinsipnya, saya mengapresiasi UMS yang telah menjadi salah satu penghubung jaringan SDGs Center University. Dari 4.000 lebih Perguruan Tinggi, baru 47 kampus yang fokus pada program SDGs. Ini berarti baru 1% di Indonesia yang menerapkan tersebut, ini merupakan awal yang sangat bagus,” paparnya Kamis, (21/3).

Ke depan, lanjutnya, perlu dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang sebetulnya memiliki kontribusi yang besar dalam keberhasilan 17 program SDGs tersebut. Tentu dengan bekerja sama banyak sektor maupun stakeholder.

“UMS menjadi bagian yang bisa berdampak positif dalam meningkatkan keadaan, karena sebetulnya 17 target SDGs merupakan kompilasi dari semua permasalahan di dunia. Sehingga penelitian, pengabdian dan pengajaran kita akan saling terkait tanpa disadari,” jelas Core Member of UNESCO EH Scientific Advisory Committee itu.

Setelah program ini di launching, perlu juga untuk dilakukan identifikasi, klasifikasi dan kapitalisasi semua aktivitas tersebut mengarah ke SDGs nomor berapa. Dengan demikian, ini akan membantu mengarahkan aktivitas yang lebih bermakna dan bermanfaat.

“Nanti UMS juga perlu dikuatkan, apa yang sudah dilakukan dilanjutkan dan seiring berjalannya waktu dapat diperluas. Pasti akan terkait semua, nanti diidentifikasi yang lain,” tegasnya.

Ignasius Dwi Atmana Sutapa berharap, program ini akan menjadi role model, memiliki kontribusi yang besar di komunitas Solo Raya dan memperkuat komunitas yang lain.

“Sekali lagi saya mengapresiasi langkah UMS dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua,” pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan Peresmian SDGs Center UMS dan inisiasi Kerjasama SDGs Perguruan Tinggi Negeri (PTN) / Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Solo Raya. Kegiatan ini juga disaksikan oleh Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Mhhammadiyah, Prof. Bambang Setiaji.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor V Kerjasama dan Urusan Internasional UMS, Prof. Supriyono, ST., MT., Ph.D., menegaskan bahwa UMS ingin berpartisipasi aktif dalam mewujudkan 17 tujuan program berkelanjutan.

“Peran Perguruan Tinggi sangat besar dalam ketercapaian program SDGs. Tidak ada kata terlambat dalam mewujudkan 17 Program SDGs,” tegasnya. (Fika/Humas)

Sumber: https://suaramuhammadiyah.id/read/wujudkan-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-ums-launching-sdgs-center