You are currently viewing UMS Launching SDGs Center

UMS Launching SDGs Center

UMS telah menjadi salah satu jaringan dari SDGs Center University setelah melakukan launching SDGs Center pada Jumat (22/3/2024) / Foto: Prihatsari

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meluncurkan Suistainable Development Goals (SDGs) Center.

Vice Chairman of UNESCO IHP IX on EH and Water Quality, Prof Ignasius Dwi Atmana Sutapa mengapresiasi UMS yang telah menjadi salah satu jaringan dari SDGs Center University.

“Pada prinsipnya, saya mengapresiasi UMS yang telah menjadi salah satu penghubung jaringan SDGs Center University. Dari 4.000 lebih Perguruan Tinggi, baru 47 kampus yang fokus pada program SDGs. Ini berarti baru 1% di Indonesia yang menerapkan tersebut, ini merupakan awal yang sangat bagus,” ujarnya, Jumat (22/3/2024).

Dwi Atmana mengatakan, hal yang sama perlu dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang sebetulnya memiliki kontribusi yang besar dalam keberhasilan 17 program SDGs tersebut. Tentu dengan bekerja sama banyak sektor maupun stakeholder.

“UMS menjadi bagian yang bisa berdampak positif dalam meningkatkan keadaan, karena sebetulnya 17 target SDGs merupakan kompilasi dari semua permasalahan di dunia. Sehingga penelitian, pengabdian dan pengajaran kita akan saling terkait tanpa disadari,” imbuhnya.

Setelah program ini dilaunching, perlu juga untuk dilakukan identifikasi, klasifikasi dan kapitalisasi semua aktivitas tersebut mengarah ke SDGs nomor berapa. Dengan demikian, ini akan membantu mengarahkan aktivitas yang lebih bermakna dan bermanfaat.

“Nanti UMS juga perlu dikuatkan, apa yang sudah dilakukan dilanjutkan dan seiring berjalannya waktu dapat diperluas. Pasti akan terkait semua, nanti diidentifikasi yang lain,” beber Dwi Atmana.

Diketahui, peluncuran SDGs Center tersebut diselenggarakan bersamaan dengan talkshow ‘Working Together Towards Sustainable Development in Solo Raya’, Kamis (21/3/2024). Prihatsari

Sumber: https://joglosemarnews.com/2024/03/ums-launching-sdgs-center/