Songsong Internasionalisasi, UMS Gelar Workshop OBE Undang Semua Stakeholder

 

SUKOHARJO (Keadilan net) – Biro Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Workshop Outcome-Based Education (OBE) guna menyongsong adanya Internasionalisasi UMS.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari workshop OBE selama tiga hari, Selasa-Kamis (23-25/4/2024) ini, diikuti peserta bervariasi dari semua stakeholder terkait di UMS. Tempatnya di ruang seminar lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan UMS, Munajat Tri Nugroho menyampaikan, tujuan dari workshop adalah memberi pemahaman yang utuh tentang OBE kepada semua stakeholder UMS.

“Peserta yang diundang bervariasi, pada hari ini yang diundang merupakan top manajemen dari UMS yaitu Rektor, Wakil Rektor, Senat, Badan Pengurus Harian (BPH), Dekan, Kepala Biro dan Lembaga,” kata Munajat, Selasa (23/4/2024).

Peserta lainnya juga ada pimpinan Prodi, Fakultas, Lembaga, maupun Universitas. Diharapkan agar mereka paham bagaimana peran masing-masing dalam mengimplementasikan OBE

OBE, lanjut Munajat, menjadi sebuah keharusan terutama bagi program studi yang akan melakukan akreditasi internasional. Sehingga, ini menjadi sebuah pekerjaan bersama, tidak hanya di prodi namun juga unit-unit penunjang.

“Harapannya semua yang mengikuti dapat memahami apa itu OBE dengan lebih baik, dan kemudian mengetahui dengan jelas apa yang sebenarnya menjadi peran masing-masing,” lanjut dia.

Adapun narasumber yang diundang pada hari pertama ada dua yaitu, Ketua Badan Tetap LAM Teknik PII dan juga sebagai pakar OBE, Prof., DR.-Ing., Misri Gozan, M.Tech., IPM. dan Dekan FMIPA Universitas Negeri Semarang, Prof., Dr., Edy Cahyono, M.Si.

Wakil Rektor I UMS, Prof Harum Joko Prayitno menyambut baik dan mengapresiasi atas kehadiran dua narasumber tersebut.

“Izinkan saya mewakili Pak Rektor yang tidak bisa membersamai menyapa bapak ibu secara langsung dan secara khusus salam hormat Pak Rektor kepada Prof. Misri. Sugeng rawuh di UMS,” pungkas Harun. (Nugroho)

Sumber: https://keadilan.net/songsong-internasionalisasi-ums-gelar-workshop-obe-undang-semua-stakeholder/