2 Mahasiswa UMS Ikuti Pembekalan IISMA Awardee 2024, Harapkan Menjadi Representasi Indonesia Emas

ums.ac.id, PABELAN – Dua penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membagikan pengalaman selama mengikuti Onboarding IISMA Awardee 2024. Dalam kegiatan tersebut juga mahasiswa didampingi oleh Kepala Bidang Mobilitas dan Hospitalitas Mahasiswa Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS, Selasa, (21/5) yang berlangsung di Ruang Auditorium, Gedung D Lt.2 Komplek Kemendikbud Ristek.

Kedua mahasiswa UMS ini adalah Muhammad Qadri Ramadhan yang lolos program IISMA 2024 di Saint Petersburg University, Rusia dan Zalfa Dhiyah Azizah juga lolos di Hanyang University, Korea Selatan.

Muhammad Qadri Ramadhan mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat undangan dari Kemendikbud Ristek. Dia mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan di Komplek Kemendikbud Ristek tersebut sebenarnya lebih ke pembekalan dari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim maupun dari pihak Kemendikbud Ristek.

“Acara tersebut juga dihadiri oleh ketua program IISMA, direktur utama LPDP juga, dan menekankan bahwasanya kesempatan teman-teman mahasiswa di sini merupakan mahasiswa yang terpilih dari seluruh Indonesia untuk bisa merepresentasikan Indonesia di kancah global menyiapkan Indonesia Emas 2045,” ungkapnya saat diwawancarai melalui Zoom Meeting, Kamis, (23/5).

Kemudian ketika kembali ke Indonesia, lanjutnya, nanti bisa membawa nilai-nilai positif, berkontribusi dan juga bisa bertukar ide dengan universitas asal dan juga lingkungan sekitar. Sehingga harapannya nanti ketika di luar negeri mahasiswa penerima beasiswa IISMA ini bisa menjadi menjadi diplomasi yang baik dari segi budaya dari segi pengalaman.

“Selain itu, diharapkan kami dapat belajar lintas jurusan maupun lintas disiplin ilmu, misalnya seperti saya di bidang pendidikan agama Islam nantinya saya di Rusia akan mengambil mata kuliah soal manajemen, soal hubungan internasional. Dengan harapan setelah itu, kami bisa menjadi Global Citizen atau mahasiswa atau manusia yang berwawasan global,” tambahnya.

Kepala Bidang Mobilitas dan Hospitalitas Mahasiswa (BKUI) UMS, Sri Indra Kurnia, S.KM., MPH., berpesan untuk menjadi orang yang persisten, dan menjadi orang yang resiliens. Di luar nilai akademik ataupun di luar kelas, kegiatan IISMA diharapkan akan mengubah cara pandang atau mindset mahasiswa dan tidak mudah menyerah.

“Sehingga diharapkan dua mahasiswa yang lolos program IISMA ini dapat berusaha untuk beradaptasi di situasi yang baru karena itu akan membuat seseorang bisa jauh lebih baik di masa depan,” tegasnya.

Sedangkan menurut penerima beasiswa IISMA lainnya, Zalfa Dhiyah Azizah, kegiatan tersebut merupakan pengalaman berharga, karena tidak semua awardee mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan kemarin. Banyak sekali sudut pandang baru dan insight baru yang dia dapatkan selama mengikuti pembekalan. (Fika/Humas)