Dua Mahasiswa UMS Raih Bronze Medal dalam Ajang Esai Ekonomi Kreatif

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali ukir prestasi. Kali ini dalam ajang Esai Ekonomi Kreatif. Mahasiswa UMS yang berasal dari Program Studi (Prodi) Geografi ini berhasil meraih Bronze Medal dalam kompetisi National Education yang bertajuk “Muda Berkarya, Muda Mendunia”. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Indonesian Education Incubator dengan bertempat di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Senin-Selasa, 13-14 Mei 2024.

Dua Mahasiswa Prodi Geografi UMS tersebut bersaing dengan 1.600 peserta dari 67 Universitas di Indonesia. Mereka adalah Inka Pratiwi dan Hian Risnandar. Inka menuturkan, esai yang dibuat bersama partnernya merupakan inovasi kulit singkong sebagai limbah eliminator untuk cadangan listrik rumah tangga dalam pencegahan global warming.

“Kami membahas tentang penanganan global warming dengan penjualan aki dari energi yang terbarukan,” ungkap Inka.

Inka dan Hian tertarik mengangkat topik tersebut karena kondisi lingkungan sekarang yang semakin mengkhawatirkan. Dalam hal ini menyebabkan masalah global warming di masa depan. “Maka dari itu, inovasi ini menjadi salah satu hal untuk mencegah kerusakan alam dengan menggantikannya menggunakan bahan bakar yang terbarukan,” lanjutnya.

Hasil dari esai yang mereka tuliskan berupa energi aki yang berasal dari energi terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil yang menyebabkan global warming.

“Menariknya karena ini merupakan penjualan dari bahan aki yang berasal dari energi terbarukan dan pengaplikasian yang sangat mudah serta dilakukan dalam skala rumah tangga,” ungkapnya.

Inka merasa senang dan bangga karena raihan prestasinya. Hal ini akan semakin melambungkan nama baik UMS. Ditambah pihak universitas yang sangat mendukung, terutama Fakultas Geografi, ketika mengikuti kompetisi tersebut.

Kabag Penalaran, Kreativitas dan Soft Skill Biro Kemahasiswaan UMS, Muhammad Al Fatih Hendrawan ST MT menyambut dengan gembira. Para mahasiswa berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional, begitupun mahasiswa dari prodi lainnya. Seperti Teknik Kimia, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris termasuk Prodi Geografi.

Fatih menuturkan bahwa prestasi itu akan membantu ketercapaian UMS untuk memenuhi target prestasi nasional yang dicanangkan. “Tahun ini kita memiliki target prestasi nasional sebanyak 340 prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik,” pungkasnya.

Sumber: https://wartaptm.id/dua-mahasiswa-ums-raih-bronze-medal-dalam-ajang-esai-ekonomi-kreatif/