Kontes Robot dengan Tema Memilah Sampah jadi Kontes Terumit

apakabar.co.id, JAKARTA – Kontes Robot Indonesia Tematik Indonesia (KRTMI) menjadi salah satu divisi kontes yang paling rumit dalam gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2024 yang digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Ketua Tim Juri Kontes Robot Indonesia Benyamin Kusumo Putro menjelaskan KRTMI merupakan kegiatan yang baru dan pertama kalinya diadakan pada tahun ini. Adapun tema untuk kontes robot tematik adalah ‘Memilah Sampah’ yang dianggap panitia sebagai topik yang paling sulit.

“Sampah itu memang masalah yang rumit. Masalah sampah ini juga menjadi problem untuk negara Indonesia maupun negara asing. Jadi gimana caranya bisa membedakan sampah yang berbahaya, tidak berbahaya, dan seterusnya. Kemudian tergantung jenisnya bisa dipilah-pilah,” ujar Benyamin di Solo, Senin (27/05).

Untuk tahun ini, sebanyak 317 tim dari berbagai daerah di Indonesia telah mendaftar untuk mengikuti kontes. Mereka akan bertanding di berbagai divisi kontes.

“Jadi ini seleksi untuk menjadi peserta nasional. Kita pilih sekitar sepertiganya, dari mereka bisa naik ke nasional. Salah satu pemenangnya dari salah satu divisi, nantinya akan mewakili Indonesia untuk ikut ajang internasional di Vietnam,” papar Benyamin.

Khusus untuk lomba memisahkan sampah, masing-masing peserta harus mampu melakukannya berdasarkan jenis sampah. Agar lebih memudahkan, kata Benyamin, peserta diperbolehkan menggunakan kecerdasan artifisial (AI).

“Itu bagaimana robot bisa memisahkan sampah tapi otonom. Jadi harus menggunakan AI di dalamnya. Tahun depan itu akan semakin meningkat, menjadi topik paling sulit,” ujarnya, Senin, (27/05).

Benyamin juga mengingatkan, pemilahan sampah sebisa mungkin dilakukan tanpa campur tangan manusia secara langsung. Oleh karenanya, peran robot sangat diperlukan didukung dengan penggunaan AI.

Selain divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), juga terdapat 6 divisi lain yang dilombakan, yakni Kontes Robot Sar Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-H).

Pada tahun ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ambil bagian pada pengembangan robot di Indonesia dengan menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 yang saat ini sudah memasuki babak seleksi wilayah I dan II.

Sumber: https://apakabar.co.id/news/kontes-robot-dengan-tema-memilah-sampah-jadi-kontes-terumit/