Kontes Robot Indonesia 2024, 317 Tim Ikuti Seleksi

inilahjateng.com, (SOLO) – Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 resmi dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif, di venue kontes robot Gedung Edutorium UMS, Senin (27/5/2024).

Sebanyak 317 tim dinyatakan lolos dan mengikuti tahapan ketiga atau Seleksi Wilayah I & II.

“Peserta yang lolos sejumlah 317 tim dari lebih dari 100 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di wilayah Indonesia. Tahapan seleksi wilayah ini adalah tahapan yang ke-3 dari 4 keseluruhan 4 tahapan, yang Insya Allah akan mencapai puncaknya tahapan nasional, dan akan berlangsung pada 1 hingga 5 juli bulan depan di UMS,” ucap Ketua Pelaksana KRI 2024 Ir. Rois Fatoni.

317 tim yang akan mengikuti seleksi wilayah kali ini terdistribusi dalam 7 divisi KRI yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Humanoid; KRSBI Beroda; serta Kontes Robot Bawah Air (KRBAI).

Rois mengatakan, kontes robot bawah air Indonesia kali ini adalah penyelenggaraan tahun ke-2 dalam sejarah kontes robot Indonesia yang sudah berlangsung secara konsisten sejak 2003. Untuk menyelenggarakan KRBAI, UMS sebagai tuan rumah bekerjasama dengan Pondok pesantren Assalam yang menyediakan kolam renangnya sebagai venue untuk robot bawah air.

“Kami ucapkan selamat mengikuti tahapan seleksi kali ini ajang talenta KRI di bawah BPTI (Balai Pengembangan Talenta Indonesia), di mana menggabungkan skill, kreativitas, inovasi, kerjasama tim, ketekunan, kesabaran atau resiliensi, serta tekad yang kuat,” ungkap Rois.

Sementara itu, Rektor UMS menyampaikan, di era teknologi banyak pendekatan yang dilakukan berbasis dalam jaringan.

“Tentunya ini merupakan tugas berat tetapi juga bagian dari tugas anak-anak bangsa. Mereka punya talenta hebat, mampu merancang robot termasuk jadi programmer robotnya,” terangnya.

Menurutnya, capaian tersebut harus dihargai lantaran menjadi pintu masuk bahwa bangsa Indonesia sudah memiliki arah yang jelas bagi perkembangan teknologi. Sehingga dengan begitu, maka kemajuan para mahasiswa dibuktikan dengan talenta mereka yang menguasai teknologi secara lebih luas.

“Pada tahap penyisihan ini dilakukan secara daring. Selanjutnya, akan dilakukan seleksi tingkat nasional pada tanggal 1 Juli 2024 yang juga bertempat di Edutorium UMS. Pada seleksi tingkat nasional akan dilakukan full offline,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Plt BPTI Dr. Maria Veronica Irene Herdijono, memberikan apresiasi kepada UMS yang telah menjadi Tuan Rumah KRI 2024 dengan baik.

Menurutnya, bahwa saat ini diperlukan otomatisasi. Sehingga KRI ini wadah atau ajang kesempatan untuk mengembangkan atau mengimplementasikan potensi robotika yang tersebar pada tujuh divisi.

“Harapannya ada saluran-saluran sehingga kreasi-kreasi adik-adik itu bisa diterapkan,” katanya.

Sehingga dilanjutkan Maria, perlu keberlanjutan dari pengembangan lomba-lomba baik di tingkat ajang sekolah dasar, menengah, sampai dengan perguruan tinggi untuk terus-menerus dikembangkan.

“Marilah kita gerakkan langkah untuk mewajibkan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, dan Merdeka Berprestasi. Besar harapan nanti kita akan bertemu secara langsung dalam penyelenggaraan ajang di tingkat nasional,” tandasnya. (DSV)

Sumber: https://www.inilahjateng.com/kontes-robot-indonesia-2024-317-tim-ikuti-seleksi/