Loker Dosen Tetap Universitas Muhammadiyah Surakarta

SUMATERAEKSPRES.ID-Universitas Muhammadiyah Surakarta atau disingkat UMS adalah salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Indonesia yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1981.

Sebelumnya, Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan bagian dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) cabang Surakarta pada tahun 1958.

Fakultas ini menaungi tiga program studi antara lain Pendidikan Umum, Ekonomi Umum, dan Pendidikan Agama Islam. FKIP Muhammadiyah Cabang Surakarta selanjutnya berubah menjadi dua lembaga pendidikan tinggi setelah mendapatkan izin berdiri di tahun 1965.

Dua lembaga pendidikan tinggi tersebut, yaitu Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Surakarta dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Surakarta.

Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta saat itu Drs. H. Mohamad Djazman, kemudian menggabungkan IKIP Muhammadiyah Surakarta dan IAIM Surakarta pada tahun 1979.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1981, IKIP Muhammadiyah Surakarta berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pada awal pendiriannya tersebut, UMS mengelola beberapa fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Agama Islam (FAI).

UMS kemudian mengembangkan pendidikannya dengan menambah program studi baru di berbagai jenjang, mulai dari S1, S2, hingga S3.

Visi : Pada tahun 2029, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi arah perubahan

Misi :

1. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sebagai bagian dari ibadah kepada Allah (integrated) yang memberi impak terwujudnya masyarakat utama
2. Mengembangkan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman dan memberi arah perubahan dalam rangka mewujudkan masyarakat utama.

Dikutip dari https://bpsdm.ums.ac.id/ diinformasikan Universitas Muhammadiyah Surakarta membuka lowongan sebagai Dosen Tetap untuk Program Studi :

1. Manajemen
2. Ekonomi Pembangunan
3. Ilmu Hukum
4. Teknik Sipil
5. Teknik Industri
6. Hukum Ekonomi Syari’ah
7. Fisioterapi
8. Ilmu Keperawatan
9. Ilmu Gizi
10. Pendidikan Dokter
11. Pendidikan Dokter Gigi
12. Ilmu Komunikasi
13. Teknik Informatika

Formasi dan informasi pendaftaran serta unggah berkas sampai 18 Mei 2024

Rangkaian test Juni – 15 Juli 2024

Persyaratan Umum :

1. Warga Negara Indonesia dan Beragama Islam.
2. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
3. Berkualifikasi pendidikan magister (S1)/spesialis I dari perguruan tinggi yang direkomendasi oleh Universitas dengan ketentuan : (i) IPK>= 3.50 dengan masa studi magister maksimal 3 tahun yang linier dengan gelar sarjana (ii) IPK Sarjana >= 3.25 dengan masa studi <= 5 (lima) tahun.
4. Berkualifikasi pendidikan doctor (S3)/spesialis II dari perguruan tinggi yang direkomendasi oleh Universitas dengan ketentuan: (i) IPK magister >= 3.50 dengan masa studi <= 3 tahun, (ii) IPK sarjana >= 3.25 dengan masa studi maksimal 5 tahun; (iii) memiliki publikasi pada jurnal Internasional bereputasi; dan (iv) usia maksimal 40 tahun. Bidang ilmu S2 dan S3 linier dengan gelar sarjana (sesuai dengan syarat pada masing-masing formasi).
5. Mempunyai skor TOEFL ITP minimal 525 atau IELTS 5,5 atau TOEFL CBT 195 atau TOEFL IBT 61 atau TOAFL 500 (dibuktikan dengan sertifikat).
6. Usia calon dosen S2 maksimal 30 tahun; S3 maksimal 40 tahun.
7. Sehat Jasmani, Rohani, Bebas Narkoba (dibuktikan dengan surat keterangan dari Rumah Sakit minimal tipe C).
8. Tidak berkedudukan sebagai calon pegawai/pegawai tetap/pegawai kontrak di instansi lain (dibuktikan dengan surat pernyataan).

Berkas dan pendaftaran melalui url berikut :

https://rekrutmen.ums.ac.id/dosen

Sumber: https://sumateraekspres.bacakoran.co/read/44822/loker-dosen-tetap-universitas-muhammadiyah-surakarta