You are currently viewing Roadshow SMHWS UMS, Mahasiswa Sekarang Alami Krisis Kepemimpinan

KBRN, Surakarta : Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali melanjutkan menggelar Roadshow Student Mental Health and Wellbeing Support (SMHWS) Series 3. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah, Sabtu (11/07/2024).

SMHWS merupakan lembaga di bawah Biro Kemahasiswaan UMS untuk memberikan layanan kesehatan mental kepada mahasiswa. SMHWS Series 3 ini diikuti oleh Fakultas Teknik, Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) dan Fakultas Psikologi.

Kegiatan Road Show
Wakil Dekan 3 FKI, Ahmada Auliya Rahman, menyampaikan pihaknya terus memperhatikan terkait permasalahan mahasiswa terutama kondisi mahasiswa FKI. Hal yang menjadi permasalah terkait krisis kepemimpinan.

” Ya, adanya krisis kepemimpinan itu ditunjukkan dengan belum ada mahasiswa yang mengajukan diri sebagai pimpinan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),” ujar dia.

Menurutnya, masalah ini sudah berlangsung hampir 3 tahun ini. Beberapa ada yang mengajukan diri namun seperti terdapat paksaan, jadi inisiatif dari mahasiswa itu kurang.

Kegiatan Road Show
“Ciri-ciri pemimpin itu salah satunya ya bertanggung jawab, mengambil inisiatif. Mengambil inisiatif itu yang kurang dan kesempatan untuk menjadi lebih baik seperti mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) formal seperti Himpunan, UKM, dan lain sebagainya,” katanya.

Maka dari itu, lanjutnya, ketika tidak mengikuti organisasi tidak akan mengalami kepemimpinan. Mereka tidak akan mendapatkan pengalaman, menghadapi masalah-masalah dan solusi dari permasalahan itu sendiri.

“Ketika orang memiliki jiwa pemimpin ketika diberikan tanggung jawab, ditunjuk, atau ketika ada hal yang merasa dia harus maju, seorang pemimpin sejati tidak akan mencari alasan tapi dia akan mencari solusi dari masalah itu,” tegas Ahmada. (Edwi)

Sumber: https://www.rri.co.id/daerah/687053/roadshow-smhws-ums-mahasiswa-sekarang-alami-krisis-kepemimpinan