Tim Dosen UMS Gandeng UMSIDA Dampingi UKM Kerupuk Samiler di Pasuruan, Jawa Timur

  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
You are currently viewing Tim Dosen UMS Gandeng UMSIDA Dampingi UKM Kerupuk Samiler di Pasuruan, Jawa Timur

ums.ac.id, PABELAN – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkolaborasi dengan rekan dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) untuk melakukan kerja sama di beberapa bidang termasuk pengabdian dan penelitian.

Salah satu anggota Tim Pengabdian, Hardika Dwi Hermawan S.Pd., MSc.ITE., mengungkapkan kerjasama yang dilakukan antara UMS dan UMSIDA, bersepakat dalam melakukan pendampingan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kerupuk Samiler di Desa Wonosunyo, tepatnya di Kecamatan Gempol di Pasuruan Jawa Timur.

“Sebenarnya ini bukan pertama kali, namun sudah beberapa kali. Dari pertemuan pertama kita koordinasi melalui Zoom, kemudian dilakukan pertemuan langsung teman-teman UMSIDA ke UMS. Kita melakukan identifikasi dan juga survei lapangan observasi sudah sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu, selanjutnya pada kunjungan ke-2 ke tempat UKM kerupuk Samiler itu untuk memberikan teknologi tepat guna yang sudah kita kembangkan,” paparnya saat ditemui Senin, (13/5).

Selain memberikan bantuan alat sesuai kebutuhan mereka, tambah Hardika, dalam pengabdian ini akan ada standarisasi penjaminan mutu termasuk pengajuan sertifikasi halal. Melihat kondisi UKM mereka belum ada standar untuk makanannya. Kemudian tim pengabdian juga melakukan evaluasinya seperti apa, termasuk dalam pengelolaan keuangan usahanya itu.

“Ketua tim kami Pak Sartono mengembangkan inventionnya, yaitu bantuan alat produksi kerupuk. Harapannya dengan bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas dan manajemen usaha UKM tersebut,” tegas Dosen Pendidikan Teknik Informatika UMS itu.

Hardika berharap, selain ada sharing pengetahuan antara dua institusi Perguruan Tinggi dibawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, tentu ini akan memperkuat kerja sama dan meningkatkan kualitas pengabdian.

“Tentunya, kegiatan ini tidak hanya dari UMS ke UMSIDA tapi juga sebaliknya UMSIDA ke kita juga akan ada peningkatan. Saya rasa kualitas di sektor pengabdiannya gitu,” pungkasnya.

Pengabdian ini diketuai oleh Ir. Sartono Putro, M.T., dengan anggota Prof. Dr. Muhtadi, M.Si., Prof. Ir. Sarjito, MT., Ph.D., Aflit Nuryulia Praswati, S.E., M.M., dan Hardika Dwi Hermawan, S.Pd., MSc.ITE. (Fika/Humas)