You are currently viewing UMS Dan Beberapa Lembaga Rintis Sekolah Komunitas di Yordania

KBRN, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kolaborasi bersama PCIM Yordania, KBRI Yordan, HPMI Yordania, serta beberapa Universitas di Surakarta dan Jakarta untuk merintis sekolah Muhammadiyah di Yordania. Kegiatan yang merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PKM KI) itu untuk memfasilitasi peningkatan pendidikan serta menguatkan ikatan sosial antar sesama Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Yordania.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr. Muh. Nur Rochim Maksum. S.Pd.I., M.Pd.I. menyampaikan bahwa kegiatan yang telah berlangsung pada 3 – 31 Maret 2024 di daerah Jabal Amman Yordania ini adalah sebuah bentuk jawaban bagi permasalahan yang dihadapi oleh Tenaga Kerja Indonesia. Ia menjelaskan bahwa sekolah komunitas merupakan sekolah yang berangkat dari kebutuhan komunitas.

“Konsep sekolah komunitas ini menekankan keterlibatan komunitas dalam proses pembelajaran. Sebagai contoh, pendidikan di Yordania tidak hanya dapat difokuskan pada lingkungan formal, tetapi juga secara langsung melibatkan komunitas.” kata Nur Rochim dalam keterangan tertulis yang diterima RRI, Kamis (25/04/2024).

Di sisi lain, Ketua PCIM Yordania, Gridzanda Magna Yanudza Lc. MA. menjelaskan, bahwa PMI yang berada di Yordania memiliki banyak tantangan serta permasalahan terutama pada masalah tingkat pendidikan yang rendah dan keamanan. Hal itu terjadi karena para PMI memiliki hubungan sosial dan tingkat pendidikan yang rendah.

“PMI yang berada di Yordania ini memiliki berbagai macam tingkatan pendidikan dan juga memiliki berbagai macam karakteristik. Ada sebagian besar PMI yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) dan juga banyak dari PMI yang terjerat oleh hukum.” ujar Ketua PCIM Yordaia.

Ia menambahkan karena banyak PMI memiliki hubungan sosial yang rendah mereka cenderung untuk membentuk kelompok – kelompok, yang akhirnya membuat mereka mengalami banyak masalah. Oleh karena itu perlu adanya suatu instansi yang mampu memberikan jawaban atas masalah yang di hadapi oleh PMI. (Silvia Zee/Wiwik Martani)

Sumber: https://www.rri.co.id/daerah/659945/ums-dan-beberapa-lembaga-rintis-sekolah-komunitas-di-yordania