RADARSEMARANG.ID, Solo – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan produktifitas dosen dalam publikasi ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi, LPPI (Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi ke Jurnal Internasional Bereputasi.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2024 bertempat di Ruang Sidang Utama LPPI, Gd Induk Siti Walidah UMS, Jl. A Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Beberapa hal yang menjadi tujuan diselenggarakan workshop ini antara lain adalah:

Meningkatkan kemampuan dan semangat menulis artikel ilmiah bagi para dosen
Meningkatkan produktifitas publikasi jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus atau Web of Science)
Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang tips dan trik publikasi Jurnal Internasional Bereputasi meliputi: 1. Tujuan dan manfaat publikasi; 2. Persiapan artikel ilmiah termasuk penggunaan referensi Mendeley, google translate, grammarly, dan turnitin Pemilihan jurnal internasional terindeks Scopus sekaligus menghindari jurnal Predator; 4. Etika Publikasi. Dll.
Acara dibuka oleh Dr. Agus Ulinuha, M.T. selaku ketua LPPI Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sebagai pembicara adalah Dr. dr. Cipta Pramana, SpOG., Subsp. Obsginsos (Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSD KRMT Wongsonegoro kota Semarang/Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran UIN Walisongo Semarang).

Kegiatan dipandu oleh Farizky Rahman, S. Pd., selaku pembawa acara dan Yasir Sidiq, PhD., sebagai moderator. Adapun peserta workshop adalah para dosen UMS terpilih dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan (Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Gizi, dan Fisioterapi), dan Prodi Biologi FKIP.

Penugasan peserta ini didasari pertimbangan kedekatan kompetensi para peserta dengan kepakaran narasumber.

Acara berjalan lancar dan mendapat sambutan yang sangat positif dari para peserta ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi.

Semoga workshop tersebut dapat memberikan manfaat bagi para dosen dalam menghasilkan luaran penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi terindeks Scopus atau Web of Science. (tri/web/bas)

Sumber: https://radarsemarang.jawapos.com/edukasi/724645364/workshop-penulisan-artikel-ilmiah-dan-publikasi-jurnal-internasional-bereputasi-di-universitas-muhammadiyah-surakarta