You are currently viewing QS World University Rankings: Tiga Tahun Berturut-turut UMS Masuk dalam 9 Universitas Terbaik di Indonesia

QS World University Rankings: Tiga Tahun Berturut-turut UMS Masuk dalam 9 Universitas Terbaik di Indonesia

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pemeringkat Quacquarelli Symonds (QS) World telah merilis hasil survei peringkat universitas seluruh dunia pada Kamis, 8 Juni 2017. Pada tahun ini Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali masuk dalam jajaran 9 universitas terbaik di Indonesia. Dengan ini, UMS berhasil mempertahankan prestasinya sebagai Universitas Swasta terbaik di Indonesia.

QS World University adalah pemeringkatan universitas-universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds, perusahaan asal Inggris yang bergerak dibidang pendidikan. Pemeringkatan ini menjadi salah satu pemeringkatan yang paling banyak dijadikan rujukan bersama dengan Academic Ranking or World Universities da Times Higher education World Universitiy Rankings.

Dalam mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University QS menjadi pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kemenristekdikti.

Tahun ini, QS melakukan pemeringkatan terhadap 84 negara dengan total Perguruan Tinggi lebih dari 959 universitas. Dalam pemeringkatan QS menggunakan enam indikator yaitu Academic reputation, Employer reputation, Faculty/student ratio, Citation per Faculty, International Faculty dan International Students.

Dengan hasil ini, UMS yang berhasil mempertahankan perinkatnya telah membuktikan kualitasnya untuk mencapai World Class University pada tahun 2021 mendatang. (Ahmad)