You are currently viewing Bentuk Arsitek yang Sesuai Zaman, Prodi Arsitektur UMS Adakan Seminar dan Pemeran Hasil KKL

Bentuk Arsitek yang Sesuai Zaman, Prodi Arsitektur UMS Adakan Seminar dan Pemeran Hasil KKL

ums.ac.id, PABELAN – Program studi Arsitektur Fakultas teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Seminar dan Pameran hasil dari Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa dengan tema, “Talk About Kontemporer dalam Design Arsitektur Di Era Gen Z” pada 24-25 Juni 2023 yang berlokasi di Graha Solo Raya.

Person In Charge (PIC) KKL, Dr., Dhani Mutiari menyampaikan Seminar dan Pameran KKL 2023 ini adalah bentuk promosi dan kerja-sama dengan IAI dan Staf (Solo Talk Arsitektur Forum).

BACA JUGA : Adakan Lokakarya, Arsitektur UMS Siap Kembangkan Kurikulum Bereputasi Internasional

“Generasi Z adalah kedekatan dengan digitalitas, tetapi ciri khas yaitu sketsa yang menjadi keistimewaan arsitektur,” tambahnya.

Sebelum kegiatan ini, lanjutnya, telah dilaksanakan kegiatan KKL dengan 4 destinasi, yaitu Bali, Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Timur. Selain menampilkan karya-karya yang berupa poster dari perjalanan KKL 2023, kegiatan ini juga menampilkan karya-karya tugas mata kuliah yang diajarkan di Arsitektur UMS.

“Tidak ketinggalan, terdapat pula karya-karya alumni melalui studio atau konsultan yang diberi kesempatan untuk mengisi pameran,” ungkap Dosen UMS itu.

Narasumber dalam seminar ini, Immanullah Nur Amalla S.Arch., menceritakan tentang perkembangan generasi dan apa yang di maksud gen Z. Gen Z adalah anak –anak yang lahir antara tahun 1997 -2012.

BACA JUGA : Mahasiswa UMS Adakan Kunjungan Ke Kampung Edukasi Duren Sari

“Kecenderungan mendisain lebih fokus pada membuat sketsa-sketsa ide, salah satu contoh nya adalah saat mereka mendisain cave copi yang berada di mendungan. Yang penting bukan lagi mengarah pada indahnya penggambaran tetapi dari sketsa itu bangunan dapat dibangun,” paparnya.

Selain itu, Immanullah juga memaparkan design tentang MTA Tahfidz center dan Villa Aggrasmanis yang berada di Jenawi Karanganyar.

“Irisan antara arsitektur kontemporer dan semai arsitek adalah tetap menjadikan manusia sebagai pokok dari manusianya. Yang mendesign adalah gen Z yang di designkan untuk gen Z dan berani menampilkan design melingkar dan analogi keluarga,” ungkapnya.

Kaprodi Arsitektur UMS, Dr., Nur Rahmawati S, ST., MT., berharap mahasiswa akan menjadi arsitek yang sesuai dengan zamannya.

“Selain seminar tidak kalah menarik adalah pameran KKL 2023 dan pameran karya program studi. Seluruh hasil destinasi KKL dalam bentuk sketsa dan poster dipamerkan dan karya arsitektur lainnya,” ungkap Kaprodi Arsitektur itu.

BACA JUGA : Guru Besar UMS Berikan Masukan untuk Draft Revisi UU Penyiaran

Presentasi kelompok KKL 3 terbaik, menurut dia, dengan kriteria utama sesuai dengan tema utama yaitu Vastu Baharu Bhumi Putra. Dari 12 kelompok yang presentasi pada tanggal 19 Juni 2023 terpilih kelompok 12 yang mengambil obyek bangunan ‘Universitas Multi Media Jakarta,’ yang ke dua adalah kelompok 8 dengan obyek Intiland Surabaya, dan yang ke tiga adalah Kelompok 7 dengan obyek Perpustakaan Universitas Indonesia.

Ke tiga kelompok mempresentasikan hasil surveynya dihadapan semua peserta. Favorit dari yang terbaik adalah 1. kelompok 7 perpustakaan UI Jakarta. 2. Kelompok 8 Intiland Tower dan 3 adalah Kelompok 12 Universitas Multi Media. (Fika/Humas)