You are currently viewing Pemilu 2024 Semakin Dekat, PDIH UMS Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu dari Periode ke Periode

Pemilu 2024 Semakin Dekat, PDIH UMS Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu dari Periode ke Periode

ums.ac.id, PABELAN – Tanggapi Pemilu 2024 yang semakin dekat, Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan Seminar Nasional dan Call for Paper dengan mengangkat tema Politik Hukum dan Demokrasi Menuju Pemilu 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (22/6) di Gedung Pascasarjana UMS, menghadirkan Chusnul Mar’iyah, Ph.D., selaku dosen FISIP Universitas Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Komisioner KPU tahun 2001-2007, Prof., Dr., Ni’matul Huda, S.H., M.Hum selaku dosen Universitas Islam Indonesia, dan Prof. Dr. Absori , S.H., M.Hum selaku Guru Besar Ilmu Hukum UMS.

Seminar dan Call for Paper ini dilatar belakangi oleh penyelenggaraan pemilu yang secara periodik dilakukan bangsa Indonesia sejak awal kemerdekaan. Karenanya, dalam proses perjalanannya perlu ada evaluasi terutama berkaitan dengan apakah nilai-nilai demokrasi yang matang telah hidup dan tumbuh dalam kultur sosial masyarakat Indonesia.

Indra Bangsawan, S.H., M.H selaku Ketua Panitia menyampaikan, secara politik hukum yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur keberlangsungan pemilu baik presiden ataupun legislatif secara tegas.

“Namun perlu kita berikan evaluasi, apakah dalam perjalanannya telah mampu melahirkan nilai-nilai demokrasi yang matang sebagaimana yang kita harapkan,” ujar Indra Bangsawan.

Program Doktor Ilmu Hukum UMS telah menduduki peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta dalam kaitannya dengan karya ilmiah, karena telah menjadi kontributor terbanyak yang menghasilkan jurnal-jurnal berkualitas.

“Kelebihan PDIH UMS adalah menghasilkan karya-karya ilmiah yang dipublish di berbagai jurnal, baik nasional terakreditasi sinta 4,3,2 juga 1 dan jurnal internasional atau scopus,” ujar Prof., Absori.

Dia juga berharap dalam kegiatan seminar dan call for paper ini dapat membedah persoalan – persoalan politik menjelang pemilu 2024 serta konteksnya dalam kenegaraan, dan politik hukum yang berkaitan dengan masyarakat sipil khususnya Muhammadiyah dalam menyikapi Pemilu 2024.

Pada Seminar dan Call for Paper PDIH UMS ini terdapat 85 pemakalah yang akan mempresentasikan hasil tulisannya berkaitan dengan tema yang diangkat dalam kegiatan ini.
(Atta/Humas)