FKI UMS Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional SIML 2024

ums.ac.id, SOLO – Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Internasional Smart Computing, Iot, and Machine Learning (SIML) 2024 yang diorganisir oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Konferensi ini diselenggarakan secara hybrid di Ruang Meeting Edutorium UMS dan melalui zoom dan dilaksanakan selama dua hari 6-7 Juni 2024.

Ketua Panitia SIML, Gunawan Ariyanto dalam menyambut peserta konferensi menyampaikan bahwa pada tahun ini, tema dari konferensi adalah ‘Advancing Intelligence and Connectivity: Innovations in Smart Computing, IoT, and Machine Learning’.

“Ini merefleksikan perkembangan yang cepat dan transformative dari berbagai bidang tersebut. Dunia kita saat ini terkoneksi luar biasa dan integrasi antara komputasi cerdas dari Internet of Things (IoT) dan teknologi machine learning mendorong perubahan di bidang industri termasuk dari kesehatan, transportasi untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Gunawan, Kamis (6/6).

Gunawan menyebutkan sebanyak 128 paper masuk ke dalam sistem, namun dari IEEE hanya menerima 57 paper. Peneliti tersebut berasal sembilan negara yaitu Amerika Serikat, Jerman, Cina, Italia, Malaysia, Jepang, Rusia, Irak, dan Indonesia.


Narasumber utama dari konferensi ini adalah Achmad Benny Mutiara dari Universitas Gunadarma Indonesia, Valerio Basile dari University of Turin Italia, dan Husni Tamrin dari UMS.

“Kami juga sangat menanti pemaparan dari keynote speaker dan diskusi panel yang akan memberikan wawasan yang mendalam dan mendidik. Tujuan kita sebenarnya tidak hanya untuk berbagi pengetahuan tetapi juga membangun kolaborasi dan mendorong munculnya ide-ide baru yang dapat membantu keberadaan komputasi cerdas, IoT, dan teknologi machine learning di masa depan,” ujar Gunawan.

Kepala Biro Humas dan Pemeringkatan itu juga berharap, pertemuan ini bisa digunakan sebagai wadah untuk saling belajar, membangun kolaborasi, dan membuka jalan untuk kemajuan yang bisa menguntungkan kita semua.

Dekan FKI UMS, Nurgiyatna pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa FKI merasa terhormat untuk dipercaya menyelenggarakan acara ini.

“Kami merasa terhormat untuk dapat mengundang para ahli, inovator, dan peneliti dari berbagai belahan dunia untuk mendiskusikan perkembangan terkini dan tantangan dari bidang-bidang yang dinamis ini,” kata Nurgiyatna.

Melalui kegiatan ini, juga diharapkan bisa mendapatkan ide baru dan menghasilkan kolaborasi yang dapat memajukan bidang-bidang teknologi ke depannya.

“Penelitian dari teman-teman peneliti ini adalah inti dari konferensi ini, dan itu adalah hasil dari dedikasi dan inovasi yang ingin kita kembangkan dan eksplor hal baru di komputasi cerdas, IoT, dan teknologi machine learning,” pungkas Dekan FKI UMS itu. (Maysali/Humas)