Lima Mahasiswa UMKU Juara Kompetisi Internasional Bidang Science and Culture

ums.ac.id, KUDUS– Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) di level internasional. Lima mahasiswa berhasil meraih juara di kompetisi I-SC² International Student Competition on Science and Culture 2024 pada Selasa 25 Juni 2024/19 Dzulhijah 1444 H.

Para mahasiswa memenangkan kategori oral presentation,photography hingga fashion show.
SC² International Student Competition on Science and Culture tahun ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Semarang dan diikuti oleh 7 negara.

Mahasiswa dari Indonesia, Malaysia, Tanzania, Thailand, Timor Leste, India dan Gana berkompetisi dalam ajang Traditional Food & Nutrition Festivals, Food Presentation, Natural Science Photography, and Fashion Show.

BACA JUGA Universitas Muria Kudus Jajaki Kerjasama dengan UMS

Lewat ajang ini, mahasiswa berkesempatan unjuk gigi dan memperkenalkan budaya, kompetensi akademik, karya seni, dan kreativitas dalam perspektifnya sebagai mahasiswa internasional.
Ahmad Birul Iqbal mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komputer dan Ahmad Nizam S1 Hukum meraih juara 2 photography dengan mengangkat tema ekologi pangan lokal.

“Senang bisa mencapai posisi ini, kami mengangkat jenang dengan konsep ekologis, plating jenang kami padukan dengan anyaman bambu dan beberapa daun, ini sebenarnya mengkampanyekan pangan lokal khas Kudus sembari mengingatkan pentingnya kreativitas yang tetap berpijak pada pelestarian alam” ungkap Birul saat dimintai keterangan.

Selain dua mahasiswa tersebut, Adhila Ahyati S1 Keperawatan juga mendapatkan juara 2 fashionshow dengan pakaian adat Kudus dengan ciri khas caping kalo, jarik laseman, hingga selendang tohwatu. Selain itu dengan pakaian adat yang sama kategori juara Best performance juga berhasil diraih Asep Siswanto mahasiswa prodi S1 PGSD.

Kemudian kategori oral presentation berhasil diraih Shifa Fauziyah, mahasiswa S1 Farmasi.

Rektor UMKU Dr. Edy Soesanto menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas prestasi yang diraih mahasiswa. “Prestasi ini merupakan bukti bahwa mahasiswa UMKU mampu bersaing di tingkat internasional dan memberikan kontribusi nyata mengangkat budaya Kudus di level global, Kami berharap pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa untuk terus berinovasi dan berprestasi”. (AR)